Kemenag Dampingi Calhaj Membuat Paspor untuk Memudahkan Pelayanan Dokumen Perjalanan

Wonogiri – Kantor Kementerian Agama kabupaten Wonogiri, melalui Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) ikut mendampingi proses pembuatan paspor jemaah calon haji Kabupaten Wonogiri tahun 2019 M / 1440 H di Kantor Imigrasi kelas 1 di Unit Pembantu, Solo Baru, sesuai jadwal yang di tentukan.

Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kankemenag Wonogiri, Wahid Arbani, di temui di ruangnya, Rabu (06/02), menyampaikan bahwa pembuatan paspor dilakukan lebih awal sehingga pembuatan visa jemaah haji juga bisa lebih awal dilakukan. Diharapkan tidak ada jemaah haji yang terkendala keberangkatannya karena menunggu visa yang belum keluar.

Kankemenag Kab. Wonogiri melalui ASN yang ada di Seksi PHU, secara langsung ikut melakukan pendampingan dalam pembuatan paspor. Hal ini sebagai bentuk pelayanan untuk mempercepat proses pembuatan paspor, sehingga apabila ada kendala dapat segera teratasi.

“Paspor sebagai dokumen penting, karena sebagai syarat wajib seluruh warga negara Indonesia yang keluar dari wilayah Indonesia termasuk calon jemaah haji, dan agar memudahkan bagi calon jemaah haji untuk memperoleh seluruh pelayanan administrasi dan dokumen perjalanan yang akan melaksanakan ibadah haji,” jelas H.Wahid

Sedangkan untuk biaya pembuatan paspor ditanggung sepenuhnya oleh pemerintah melalui optimalisasi Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH). Hanya saja, saat ini calhaj diminta menalangi terlebih dahulu biaya pembuatan paspor tersebut. Setelah pelunasan, biaya yang telah dikeluarkan nanti akan dikembalikan oleh pemerintah melalui BPIH.

Di lapangan proses pembuatan paspor bagi jemaah calon haji dari Kabupaten Wonogiri berjalan lancar, mulai dari administrasi hingga pengambilan foto biometrik dan sidik jari.

“Semoga pendampingan dari Kemenag Wonogiri membantu atau meringankan para calon-calon tamu Allah dalam mengurus Paspor, dan ini bentuk pelayanan Kemenag kepada umat secara nyata,” imbuhnya.(mursyid-heri/sua).