KPRI Melati MTs Negeri Slawi Dinilai Cukup Sehat

Tegal (Slawi)-Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Melati MTs Negeri Slawi Kabupaten Tegal menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) tahun buku 2017 bertempat di MTs Negeri Slawi pada Sabtu (17/02).

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UKM Kabupaten Tegal Suspriyanti mengapresiasi KPRI Melati yang menggelar RAT pada awal tahun.

"Kami mengapresiasi kepada KPRI Melati MTs Negeri Slawi yang menggelar RAT pada awal tahun, karena biasanya ciri-ciri koperasi yang bagus atau cukup sehat adalah begitu tutup buku, langsung menggelar RAT," kata Suspriyanti dalam sambutannya.

Ditegaskannya, saat ini masih banyak koperasi yang belum memenuhi ketentuan tentang RAT, termasuk ketentuan rapat wajib dipimpin pimpinan rapat yang dipilih dari anggota, didampingi sekretaris dan notulen. Hasil RAT juga harus dilaporkan ke Dinas koperasi dan UKM setempat.

Olehnya, pada tahun buku 2016, KPRI Melati MTs Negeri Slawi dinilai cukup sehat berdasarkan aspek manajemen, kelembagaan, aktiva produktif, likuiditas, dan jati diri koperasi, kemandirian termasuk.

"Di tahun 2016, untuk KPRI Melati MTs Negeri Slawi ini mendapatkan nilai 74, dengan predikat cukup sehat. Karena apa, cukup sehat saja sudah lumayan, karena kondisi pengurusnya saja tugas utamanya adalah mengajar. Bisa membawa koperasi ini cukup sehat saja sudah sangat alhamdulillah,"ungkapnya.

Dari pantauan Tim Jurnalistik yang meliput, pelaksanaan RAT berjalan dengan tertib, seluruh anggota menyatakan dapat menerima laporan pertanggungjawaban pengurus dan pengawas untuk tahun buku 2017, serta menyetujui rencana kerja, rencana anggaran pendapatan, dan belanja tahun 2018. (Akb/rf)