KSM 2018 Yang Berbeda dari Sebelumnya

Pemalang – Peserta didik perwakilan dari madrasah di Kabupaten Pemalang pagi ini, Sabtu (12/5) berkumpul di MTs Negeri 2 Pemalang untuk mengikuti Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat kabupaten. Kegiatan diawali dengan upacara pembukaan di halaman MTs.

Menurut laporan ketua panitia sekaligus Kepala MTsN 2 Pemalang Imam Sayekti, KSM diikuti oleh 325 orang peserta. Dari jumlah peserta tersebut, sebanyak 178 orang mengikuti KSM tingkat MI, 80 orang mengikuti tingkat MTs, dan 67 orang mengikuti tingkat MA.

“Tema KSM tahun 2018 adalah menghantarkan siswa menoreh prestasi, meneguhkan jati diri. Maksud kegiatan KSM ini adalah dalam rangka untuk peningkatan mutu pendidikan sains di madrasah secara komprehensif melalui penumbuhkembangan budaya belajar, kreativitas, dan motivasi meraih prestasi terbaik dengan kompetisi yang sehat dan menjunjung tinggi sportivitas dan nilai-nilai Islam dalam mempelajari dan memahami sains,” papar Imam.

Kepala Kankemenag Kabupaten Pemalang selaku pembina upacara menyampaikan KSM dalam rangka mengintegrasikan antara ilmu pengetahuan dan teknologi dengan iman dan takwa.

“KSM bagian dari meningkatkan mutu madrasah. Silakan berkompetisi, dalam rangka bagaimana antara iptek dan imtak bisa terintegrasi, diwujudkan dalam lomba mapel-mapel. Sebagai siswa madrasah harus mempunyai nilai plus, baik menguasai iptek maupun imtak. Oleh karena itu diawali dengan fisik yang sehat,” kata Kepala Kankemenag.

“Selamat mengikuti KSM, selamat berkompetisi, kerjakan dengan sebaik-baiknya. Mudah-mudahan bagian ikhtiar bersama dalam memajukan madrasah,” tutupnya.

Selesai memberikan sambutan, Kepala Kankemenag memberikan kartu peserta KSM kepada 3 peserta yang mewakili MI, MTs, dan MA. Kegiatan dibuka dengan pelepasan balon ke udara oleh Kepala Kankemenag.

Ada yang berbeda dalam pelaksanaan KSM tahun ini. Pendaftaran peserta KSM dilakukan secara daring melalui alamat website ksm.kemenag.go.id. Selesai mendaftar, peserta bisa mencetak kartu peserta secara daring. Lembar jawab KSM tahun ini juga menggunakan lembar jawab komputer dan pengoreksian jawaban menggunakan komputer.

“Untuk diketahui bahwa KSM tahun 2018 adalah mapel terintegrasi, artinya materi dalam soal sesuai materi yang terdapat dalam juknis KSM 2018 namun terintegrasi dengan materi PAI (Pendidikan Agama Islam) sehingga ada soal-soal mapel yang terkandung dan match dengan materi PAI,” jelas Khabib selaku Komite KSM.

Mata pelajaran yang dilombakan untuk tingkat MI antara lain Matematika terintegrasi dan Sains IPA terintegrasi. Tingkat MTs antara lain Matematika terintegrasi, IPA terpadu terintegrasi, dan IPS terpadu terintegrasi. Tingkat MA antara lain Matematika terintegrasi  Biologi terintegrasi, Fisika terintegrasi, Kimia terintegrasi, Ekonomi terintegrasi, dan Geografi terintegrasi. (fi/rf)