KSM Wahana Untuk Senantiasa Mengembangkan Bakat dan Minat di Bidang Sains

Wonogiri – Even tahunan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) di selenggarakan sebagai jawaban atas pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini, yang telah mengantarkan umat manusia ke era kompetisi global di berbagai bidang kehidupan, sehingga di perlukan pendidikan yang berorientasi pada peningkatan berpikir logis, kritis, sistematis dan kreatif untuk menghadapi tantangan di era kompetisi global.

Pendidikan madrasah saat ini ditujukan untuk membangun landasan bagi berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap dan kritis, kreatif, inovatif, mandiri, percaya diri dan menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggungjawab.

Untuk mencapai tujuan tersebut di perlukan berbagai program yang antara lain adalah dalam bentuk kegiatan kesiswaan yaitu Kompetisi Sains Madrasah (KSM).

KSM di harapkan dapat melahirkan sumber daya manusia yang berkarakter kuat, kokoh, tahan uji dan memiliki kemampuan yang handal di bidangnya dan mampu berkreasi serta memotivasi peserta didik untuk terus mencintai dan bergairah mempelajari ilmu pengetahuan dan tehnologi serta mengamalkan ajaran agama Islam yang kuat.

Hal tersebut di sampaikan Ka. Kankemenag Kab. Wonogiri, Subadi dalam acara pembukaan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) MI/MTs/MA Tingkat Kabupaten Wonogiri tahun 2018, di halaman MTsN 1 Wonogiri, Sabtu (12/05) yang di ikuti peserta didik MI – MA se Kabupaten Wonogiri, hadir dalam acara pembukaan  Plt. Kasi Pendidikan Madrasah, Kepala Madrasah dan Pengawas Pendidikan Madrasah se Kabupaten Wonogiri.

Sedangkan Plt. Pendidikan Madrasah, Sarwono  menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas penyelenggaraan KSM Kabupaten Wonogiri tahun 2018, dan berharap kepada siswa madrasah  untuk selalu optimis dan percaya diri. KSM  bisa menjadi wahana bagi siswa madrasah untuk senantiasa mengembangkan bakat dan minat di bidang sains sehingga dapat berkreasi dan mencintai sains, memotivasi siswa madrasah agar selalu meningkatkan kemampuan intelektual, emosional dan spiritual berdasarkan nilai-nilai islami.

“KSM harus bisa meningkatkan mutu pendidikan sains di madrasah secara komprehensif, menjadi ajang  membangun kemampuan (capacity building) serta menunjukkan kepada masyarakat tentang kemampuan madrasah, mengingat madrasah harus lebih baik dan mampu bersaing dengan sekolah umum” jelas Sarwono.

Adapun bidang yang di lombakan adalah Mata pelajaran Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, Ekonomi dan Geografi. (Mursyid_Her/Wul)