Kuota Boarding School 78 Siswa, MAN 1 Surakarta Gelar Seleksi Wawancara

Surakarta – Madrasah Aliah Negeri (MAN) 1 Kota Surakarta menggelar seleksi wawancara calon siswa baru untuk program Boarding School tahun ajaran 2017/2018, Rabu (17/5).

Kepala MAN 1 Kota Surakarta, Hariyadi Purwanto, mengungkapkan program Boarding School merupakan salah satu program unggulan MAN 1 Surakarta, dan siap menerima siswa baru yang unggul dalam bidang sains.

“Kami berkomitmen untuk mendidik dan mengembangkan potensi siswa dalam bidang sains yaitu IPA, Matematika, Bahasa Inggris dan TIK,” katanya.

Dipaparkan dia, dalam program Boarding School siswa akan diasramakan sebagai upaya agar lebih terfokus sekaligus mendidik agar mandiri. Seperti tahun-tahun sebelumnya, program Boarding School membuka 3 (tiga) kelas.

Sementara itu kepala pengelola Boarding School MAN 1 Surakarta, Wardimin,  mengatakan tiga kelas yang dimaksud adalah 1 kelas putra dan 2 kelas putri. Kelas putra berjumlah 30 siswa dan kelas putri berjumlah 24 siswa.

“Jadi, total siswa yang akan diterima pada program Boarding School sejumlah 78 siswa,” paparnya

Animo masyarakat pada program Boarding School ini sangat tinggi, terlihat dari banyaknya para orang tua calon siswa yang mengantarkan anak-anaknya mendaftar pada program Boarding School MAN 1 Surakarta.

“Sampai dengan hari ini (Rabu, 17/5) pendaftaran yang masuk sudah 292 orang dan mungkin akan terus bertambah lagi kedepan,” ungkap Wardimin.

Wardimin menambahkan, tahun ini Boarding School  akan lebih meningkatkan lagi jumlah alumni yang diterima di seleksi perguruan tinggi, baik jalur SNMPTN undangan, SBMPTN, maupun jalur seleksi mandiri yang lain.

“Alhamdulillah tahun ini sebanyak 18 siswa Boarding School diterima di perguruan tinggi lewat jalur SNMPTN (undangan) dan jalur mandiri,” ujarnya.

Wardimin mengatakan, prestasi peserta didik Boarding School  yang fenomenal ditorehkan oleh Arina Manasikana kelas 12 IPA 3, yang berhasil lolos seleksi Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) Bogor. (rma/wul)