MAN Wonogiri Bantu Fasilitasi Penyelenggaraan Pesantren Kilat di SMPN 7

Wonogiri – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Wonogiri, di minta SMPN 7  Wonogiri untuk menyukseskan penyelenggaraan pesantren kilat bagi peserta didiknya, Senin – Rabu (04 -06/06) di Aula sekolah setempat.

Adapun bentuk fasilitasi yang diberikan MAN Wonogiri dengan mengirimkan narasumber dan fasilitator kegiatan pesantren  kilat di SMPN 7 Wonogiri. Selain para guru juga di terjunkan para pengurus OSIS untuk memberi motivasi para siswa sekolah tersebut. Kepala MAN Wonogiri, Wiyana menyampaikan rasa bangganya karena madrasahnya di percaya sekolah negeri di kota gaplek sebagai pengajar/fasilitator pesantren kilat pada bulan ramadan 1439 H / 2018 M.

“Semoga kontribusi dari madrasah yang kami pimpin bisa menjadi entry point, dan bermanfaat untuk peserta didik di SMPN tersebut, selain itu mampu mempublikasikan tentang eksistensi dan prestasi MAN Wonogiri,” harap wiyana.

Wiyana berharap kegiatan pesantren kilat bisa menjadi solusi menangkal hal-hal negatif yang saat ini berkembang baik itu kenakalan remaja, narkoba, miras dan lain sebagainya, sehingga di harapkan pesantren kilat bisa mencetak generasi yang sholeh dan sholehah.

“Kami berharap dengan kegiatan pesantren kilat bagi siswa-siswi SMPN 7 Wonogiri ini, semua peserta dapat mengikutinya dengan serius, aman, tenteram dan juga semangat. Dan jangan lupa semua ilmunya diterapkan dalam kehidupan sehari-hari,” imbuh Wiyana.

Sedangkan Wakil kepala Madrasah kesiswaan MAN Wonogiri, Sumarno menyampaikan bahwa sekolah dituntut tidak semata mengedepankan aspek akademis dalam pembelajaran, tetapi juga memerhatikan aspek akhlak dan moral sebagai upaya pembentukan karakter. Ramadan merupakan momentum untuk menyadarkan kembali pentingnya akhlak dan moral di sekolah.

Pesantren kilat di SMPN 7 Wonogiri sebagai bagian dari pembelajaran akhlak, moral, dan agama yang integratif, sehingga MAN Wonogiri mengedepankan materi-materi keagamaan yang aplikatif dalam pembiasaan serta motivasi, terutama membaca Al Qur’an, Aqidah Akhlaq, fiqih praktis, sejarah dll.

“Semoga kerjasama ini kedepannya bisa di tingkatkan anatara MAN dan sekolah, sehingga kedepan alumni dari SMPN 7 Wonogiri bisa menimba ilmu di MAN Wonogiri,” pungkas Sumarno. (Mursyid_heri/Wul)