Mengenang Jasa Para Tokoh Pejuang Agama, Haul Kanjeng Bupati Mangkudipuro Pati

PATI – Menghormati jasa para tokoh pejuang agama tentu bukan hanya “mengenang masa lalu” selama sehari dalam setahun. Kita harus berterima kasih pada para pejuang agama, yang memungkinkan kita setiap hari menghirup suasana yang merdeka, dapat belajar dan bekerja dalam suasana kebebasan. Salah satu manfaat dari ditetapkannya figur-figur tokoh pejuang agama dan penghormatan atas mereka ialah agar generasi-generasi berikut dapat memiliki contoh keteladanan dalam hidup bersama.

Kegiatan Silaturahmi dan Pengajian Umum serta Sholawatan dalam rangka Haul Kanjeng Bupati Mangkudipuro Juwana Pati, kembali diperingati, bersama Habib Ali Zaenal Abidin Assegaf dari Kab. Jepara, bertempat di Astana Jatisari Makam Bupati Juwana Desa Growong Kidul Kec. Juwana Kab. Pati Minggu (29/4/2018).

Hadir dalam kegiatan tersebut lebih kurang 500 orang yang diantaranya, Kepala Kankemenag Pati, Camat Juwana, Kapolsek Juwana, Kanit Intel Polsek Juwana, Para Kyai, Ulama’ se Kec. Juwana Pati, Keluarga Besar Bupati Mangkudipuro Juwana Pati, Jama’ah Masjid AL Mu’min Jatisari Ds. Growong Kidul dan Para Pecinta Sholawat se Kec. Juwana Pati.

Ketua Panitia yang diwakili Ustadz Bambang mengatakan, “Saya mewakili Keluarga besar Bupati Juwana mengucapkan terima kasih kepada semua panitia dan donatur yang telah membantu atas terlaksananya kegiatan pengajian umum dan sholawatan dalam rangka Haul,”.

Mauidoh Khasanah oleh Gus Ahmad dari Juwana Pati menuturkan, “Semoga kita dapat dipertemukan dengan Nabi Muhammad SAW di yaumil Akhir nanti. Orang yang cinta kepada Nabi Muhammad SAW tidak akan meninggalkan Sholat lima waktu. Marilah kita buktikan rasa syukur kita dengan menjalankan perintah-perintah Allah SWT dan menjauhi segala larangan-larangannya. Kita gunakan nikmat yang diberikan oleh Allah SWT kepada kita yang ada didunia ini untuk ketaatan dan menjalankan perintah Allah SWT,”. Ujar Gus Ahmad.

“Kita harus berlatih untuk mensyukuri segala nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT kepada kita karena dengan bersyukur dapat memudahkan kita untuk mendapatkan ridho Allah SWT. Pengajian pada siang hari ini merupakan bentuk ungkapan rasa syukur serta memperbanyak sholawat kepada Nabi Muhammad rosululloh SAW dengan harapan Allah SWT menurunkan rahmatnya dunia akhirat kepada kita,” imbuhnya.

Kegiatan tersebut dilaksanakan rutin setiap tahun dalam rangka memperingati Haul Bupati Juwana Pati yang bertujuan untuk mengenang jasa dan para tokoh pejuang agama. (PN/wt/Athi’/bd)