Meski Dimasa Pandemi MTs NU Al Syairiyah Limpung Selesaikan PAT Dengan Tetap Terapkan Protokol Kesehatan Ketat

Batang – Untuk memenuhi salah satu persyaratan bagi siswa naik kelas pada madrasah siswa harus mengikuti Penilaian Akhir Tahun (PAT), demikian juga yang dilaksanakan oleh MTs NU Al Syairiyah Limpung. Tahun ini menggelar PAT yang dimulai sejak Rabu (2/06) dan berakhir hari Kamis (10/06) kemaren. Kegiatan ini bertujuan ini untuk mengukur capaian hasil belajar siswa selama satu tahun pelajaran.

Kepala MTs NU Al Syairiyah Limpung Ali Mujib, dalam keterangannya mengatakan bahwa fihaknya telah mempersiapkan PAT ini jauh hari sesuai petunjuk dari Kementerian Agama melalu seksi Pendidikan Madrasah, Pengawas Madrasah maupun KKMTs Kabupaten Batang.

 “ Karena masih dalam suasana pandemi covid 19 yang belum mereda kami menegaskan bahwa pelaksanaan PAT para siswa dan seluruh pengawas ruangan tetap menggunakan protokol kesehatan secara ketat, bagi siswa yang tidak mematuhi protokol kesehatan, tidak memakai masker tidak diperkenankan mengikuti PAT ini,” tegas Ali Mujib.

Dia menambahkan sebelum pelaksanaan PAT seperti biasa madrasah melakukan rapat persiaapan dan menyusun panitia serta pengawas ruangan, hal ini ditempuh agar dalam pelaksanaan PAT itu berjalan dengan tertib. Menurutnya MTs NU AL Syairiyah Limpung yang merupakan salah satu madrasah dengan jumlah siswa terbanyak di Kabupaten Batang, yang 85 % nya  tinggal di pondok pesantren maka harus dapat menjadi contoh pelaksanaan PAT oleh madrasah yang lain.

Sementara itu ketua panitia PAT Diah Nurelasari menerangkan bahwa dalam pelaksaan PAT dibagi menjadi dua sesi, yaitu sesi pertama untuk kelas VII (tujuh) yang dimulai pukul 07.30 WIB – 08.45 WIB dilanjutkan istirahat 15 menit dan masuk kembali pukul 09.00 WIB – 10.00 WIB. Sesi yang kedua untuk kelas VIII (delapan) dimulai pukul 10.30 WIB – 11.45 WIB dilanjutkan istirahat 15 menit dan masuk kembali pukul 12.00 WIB – 13.00 WIB

” Ada enam belas ruang yang dijadikan sebagai tempat atau kelas pelaksanaan PAT tersebut, dengan jumlah peserta 18 siswa per ruang, ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kerumunan secara berlebihan dan memudahkan panitia dalam mengondisikan siswa dalam penerapan protokol kesehatan,” ujar Diah Nurelasari

Dia juga menambahkan bahwa dalam pelaksanaan PAT tahun ini dilakukan dengan tetap menerapkan protocol kesehatan secara ketat baik pengawas maupun para siswa, menurutnya Semua siswa wajib memakai masker dan dicek suhu tubuhnya oleh petugas gerbang terlebih dahulu sebelum masuk ke madrasah, kemudian mencuci tangan sebelum masuk ruangan atau kelas masing-masing.

“ Berkat kerja sama serta persiapan yang matang dari panitia PAT dan partisipasi dari seluruh elemen madrasah, Alhamdulilahi robilalamin PAT kali ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses,” kata Diah

Pengawas Madrasah Kabupaten Batang Hj. Minarsih, yang berkunjung melakukan monitoring dihari terakhir PAT memberikan apresiasai pada  MTs NU Al Syairiyah Limpung yang telah dilaksanakan PAT dengan lancer dan tertib,

“ Penyelenggarakan PAT di MTs NU Al Syairiyah Limpung sangat terstruktur dengan baik, tetap mematuhi protocol kesehatan baik bapak atau ibu gurunya maupun para siswanya. Sudah seharusnya disetiap satuan pendidikan wajib mematuhi dan mengutamakan protokol kesehatan agar pandemi ini segera hilang dan berakhir, jika hal ini terus terjadi juga tidak baik bagi dunia pendidikan di Indonesia, karena akan mengurangi pendidikan moral siswa, sedangkan setiap siswa memiliki latar belakang yang berbeda-beda. Mari patuhi dan laksanakan protokol kesehatan dimanapun kita berada, “ pesannya. (Giyono/Zy)