Monev BOP RA Kecamatan Kalibening, Pertanggungjawabkan Meski Hanya Serupiah

Banjarnegara – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara melaksanakan kegiatan monitoring dan Evaluasi (Monev) anggaran Bantuan Operasional (BOP) Raudhatul Atfhal (RA). Monev dilaksanakan rutin setiap akhir semester pada semua lembaga penerima anggaran agar pengelolaan anggaran akuntabel dan transparan. Kamis, (11/1/2021) dilaksanakan Monev BOP di kecamatan Kalibening dengan sampel BA Aisyiyah dan BA Sikumpul 2 bertempat di aula Pendais Kalibening.

Monev diawali sambutan Pengawas RA/MI kecamatan Kalibening, Anwar Masruro, “Selamat kepada kepala BA Aisyiyah dan BA Sikumpul 2 yang telah menyelesaikan laporan pertanggungjawaban tepat waktu, pesan saya habiskan dan laporkan semua dana BOP sesuai juknis serupiah pun jangan sampai terlewat,” katanya.

Usai pelaksanaan monev, Kharisudin petugas monev mengatakan bahwa secara keseluruhan semua RA telah melakukan administasi BOP dengan bagus. “Alhamdulillah secara keseluruhan hasil monev kali ini sudah bagus dalam pengadministrasian laporan keuangan sudah sesuai dengan petunjuk teknis tahun 2021, mulai dari perencanaan, realisasi hingga dalam pelaporan penggunaan dana BOP. Hanya sedikit catatan untuk dokumentasi foto agar lebih terang warnanya” katanya.

Pada akhir acara, Rohayati Kepala BA Aisyiyah Karanggondang menyampaikan aspirasi dari kepala RA Kalibening agar pemerintah menganggarkan dana BOP Rp 600.000,- per anak sebagaimana sebelum pandemi Covid-19, “Kami berdoa semoga pandemi segera berakhir dan alokasi dana BOP seperti semula,” harapnya. Ia juga berharap pengambilan dana BOP bisa dilakukan di kecamatan demi efektifitas dan efisiensi, “Mengingat BA kami jauh dari kabupaten kiranya untuk pengambilan dana bisa di kantor pos kecamatan saja,” pungkasnya. (am/ak/rf)