MTs Negeri 3 Banyumas Meriahkan Hari Batik Nasional

Banyumas – Siswa-siswi  MTs Negeri 3 Banyumas punya cara lain dalam memperingati Hari Batik Nasional yang jatuh setiap 2 Oktober. Mereka menggelar fashion show Happy Batik Day. Mengenakan pakaian batik, mereka berlenggak lenggok berjalan bak peragawati di halaman madrasah. Kegiatan ini diikuti oleh siswa-siswi kelas 7, 8 dan 9 serta bapak/ibu guru dan karyawan MTs Negeri 3 Banyumas.

Kepala  MTs Negeri 3 Banyumas, Akhmad Taukhid, M.Pd.  menyambut baik kreasi acara tersebut. Acara yang dimulai pukul 08.00 hingga 10.30 pagi tadi (2/10) dinilai bagus. “Mendidik dengan menanamkan karakter bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti yang dilakukan hari ini,” katanya pada waktu pidato pembukaan.

Menurutnya, pendidikan karakter untuk menumbuhkan sikap nasionalisme tidak bisa secara instan. Namun, butuh proses panjang dan berkelanjutan secara terus menerus. Sebagian orang melihat batik terkesan kuno. Namun, saat ini batik justru bisa pergunakan baik dalam acara resmi ataupun santai. “Hari Batik Nasional adalah hari perayaan nasional Indonesia sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan non bendawi yang ditetapkan UNESCO pada 2 Oktober 2009. Oleh karenanya kita harus bangga berbusana batik dan bangga menjadi bagian dari Indonesia” tandas Akhmad Taukhid. (ozy/ak/bd)

(Ozy)