Musyawarah Ambalan di MAN 2 Brebes, Ajang Adu Gagasan

Brebes – Bertempat di Aula Madrasah,  Pramuka pangkalan MAN 2 Brebes (MANDUBES) menggelar musyawarah Ambalan, pada Minggu, 14/11/2021. Musyawarah Ambalan yang dimulai tepat pukul 07.30 WIB dibuka langsung oleh  Kak Eti Sophia Wijayanti selaku wakil kepala bidang kesiswaan. Upacara pembukan sendiri dipimpin oleh  kak Fadli Azhar.

“Musyawarah Ambalan kali ini mengangkat tema Meningkatkan Kualitas Toleransi, Kepemimpinan, dan Tanggung Jawab dalam Bermusyawarah.”. Kegiatan yang melibatkan seluruh anggota Pramuka Penegak MAN 2 Brebes  juga dihadiri oleh Kak Neli Mu’minatin, Kak Dedi Pratama dan Kak Furqon.

Agenda tahunan yang digelar satu kali dalam setahun tersebut bertujuan untuk melaksanakan program kerja Dewan Ambalan Periode 2020/2021, melaporkan hasil kegiatan kepramukaan dalam satu tahun masa jabatan Dewan Ambalan Periode 2020/2021, pemilihan pengurus Ambalan untuk masa bakti yang akan datang, serta membuat program kerja baru untuk satu tahun ke depan mengevaluasi kinerja.

Pada musyawarah ambalan, seluruh Pembina dan anggota Pramuka terlibat langsung dalam kegiatan. Masing-masing kelompok (sangga) berperan untuk memberikan penilaian terhadap kinerja DKA tahun 2021 dan berhak melakukan musyawarah untuk memilih ketua ambalan tahun 2021. Musyawarah diawali dengan sidang evaluasi kinerja DKA tahun 2021. Pada tahap tersebut dibacakan tertib sidang oleh kak Firda Yolanda . Selanjutnya pembacaan uraian kerja DKA oleh Kak Eko Prasetyo (Pradana Putra) dan Kak Fitria Maratul Wakhidiah  (Pradana Putri) dibantu Kak Erwina dan Kak Happy Dwi Alfarizi yang menjabat sebagai Krani. serta laporan keuangan yang disampaikan oleh Kak Winarsih  dan Kak Fathurrahman selaku Juru Uang.

Sebanyak 4 calon Pradana yaitu Kak Badra Purnomo, Kak Hasbi Yasin, Kak Alfan Nur Alif dan Ka Egi, serta 4 calon Pradana Puteri yaitu Kak Naila Farhani, Kak Isfa, Kak Nagita, dan Kak Mila diperkenankan menyampaikan visi misinya di hadapan para peserta musyawarah. Tidak hanya menyampaikan visi dan misi, para calon juga harus menjawab berbagai pertanyaan yang dilontarkan oleh peserta musyawarah. Selanjutnya dilakukan Musyawarah untuk memilih Pradana Putra dan Pradana Putri tahun 2021/2022.

Akhir kegiatan ditutup pada pukul 16.30 WIB yang menghasilkan keputusan antara lain diterimanya laporan pertanggung jawaban kepengurusan tahun 2020/2021, disahkannya AD/ART dan ditetapkannya Pradana terpilih yakni Kak Badra Purnomo sebagai Pradana Putera dan Kak Naila Farhani sebagai Pradana Puteri.(ESW/Sua)