Optimalisasi Pemberitaan Online Guna Keterbukaan Informasi

Banjarnegara – Selama ini banyak program yang terlaksana pada Kementerian Agama, namun perlu publikasi agar informasi diterima masyarakat. Masyarakat juga membutuhkan informasi yang cepat dan aktual serta dapat dipercaya, disini media online sebagai satu solusinya terbaik.

Demikian disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara, Masdiro saat membuka rapat koordinasi kehumasan dan optimalisasi penulisan berita di Aula Masjid hari ini (18/03). 

Dengan mengundang 35 peserta dari Kasi-Gara, Perencana, Analias, Satker, Pokjaluh dan Pokja KUA diharapkan bisa memberikan pemahaman peran humas dalam instansi dan ikut membantu pelaksanaan program pemerintah dalam penyebaran informasi kepada masyarakat.

“Selain itu jaman keterbukaan berbagai hal, jurnalism online membutuhkan menanganan secara profesional agar informasi menjadi baik dan positif. Masyarakat bisa terlayanai dengan kebebasan informasi secara langsung dan terbuka,”terang Masdiro.

Dibutukan kontributor berita yang aktif, baik dari Kantor, Seksi, KUA, Satker, Madrasah dan bagian yang terhubung dengan Kementerian Agama.  “Dengan banyak sumber berita, target dari kanwil dan kabupaten untuk publikasi bisa terpenuhi,di mana keaktifan kegiatan daerah dipantau Kanwil,” ujarnya.

Pemanfaatan website sebagai publikasi media online, perlu dikoordinasi, di tingkatkan baik kontributor maupun teknik publisitas dengan media yang ada seperti media sosial seperti Fanpage, Group facebook, dan whatsapp, sebagaimana di sampaikan dalam materi Kehumasan oleh Kasubbag TU, Sukarno.

Sesi akhir terkait teknis penulisan berita, dan Jurnalism Online disampaikan oleh M. Nangimulloh yang membahas karakteristik, keunggulan, serta kiat-kiat pembuatan berita yang sesuai dengan karakteristik pembaca online. Tidak ketinggalan teknis pemanfaatan whatsapp web, aplikasi PIXresizer dan AddonsPDF sebagai tool kontributor. (Nangim/Af)