Panitia Agar Persiapkan Pemulangan Jemaah Haji

Rembang—Panitia Pemberangkatan dan Pemulangan Ibadah Haji (P3H) diminta untuk mempersiapkan diri menjelang kepulangan jemaah haji ke tanah air. Segala sesuatu yang menyangkut transportasi, akomodasi, dan lainnya agar direncanakan dengan matang agar pemulangan berjalan dengan lancar.

Demikian ditegaskan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang, Drs. H. Atho’illah pada rapat persiapan pemulangan jemaah haji, Rabu (8/10) pagi tadi di aula Kankemenag Kab. Rembang.

Atho’illah mengatakan, pemberangkatan lalu sudah berjalan dengan lancar. Kendati demikian, masih diperlukan sedikit evaluasi dan perbaikan di beberapa hal. “Memang tidak mudah untuk mengurus ratusan jemaah. Apalagi banyak di antaranya yang sudah ‘sepuh’,” sambungnya. Pengarah P3H, Drs. H. Mohammad Ali Anshory meminta kepada semua pihak untuk meningkatkan koordinasi. Karena yang tergabung dalam P3H merupakan perwakilan dari beberapa instansi pemerintah daerah dan instansi vertikal. “Pengamanan dan transportasi merupakan salah satu hal yang perlu lebih dipersiapkan lagi,” ujarnya.

Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh, Drs. H. Shalehuddin berharap jemaah bisa pulang ke Rembang dengan selamat. Seperti yang diberitakan, puluhan jemaah haji Indonesia telah meninggal dunia di tanah suci. Shalehuddin menyebutkan, tiga jemaah haji asal Rembang dalam kondisi yang tidak fit. Mereka telah disafariwukufkan. Kendati demikian, Shalehuddin berharap ketiga jemaah tersebut pulang ke tanah air dengan sehat.

Jemaah haji asal Rembang yang tergabung dalam kloter 34,35, dan 36 tiba di Bandara Adi Sumarmo, Solo pada tanggal 22-24 Oktober mendatang. Untuk kloter 34 dijadualkan tiba pada Rabu, 22 Oktober pukul 22.30 WIB, kloter 35 pada Kamis (23/10) pukul 22.20 WIB, dan kloter 36 tiba di Solo pada Jum’at (24/10) pukul 04.45 WIB.—Shofatus Shodiqoh