Pawai Kebudayaan PPMN Ajang Perkenalan Kebudayaan Indonesia

Bangka belitung (Inmas) – Panas terik siang ini di Bangka Tengah tidak menyurutkan semangat para peserta PPMN untuk mengikuti rangkaian kegiatan PPMN yang telah disiapkan panitia. Pada Jum’at (19/5) siang ini digelar pawai kebudayaan PPMN.

Pawai kebudayaan PPMN Tahun 2017 ini diikuti oleh seluruh peserta PPMN dari seluruh wilayah provinsi di Indonesia yang berjumlah kurang lebih 600 orang. Pawai ini mengambil rute start dari bundaran Masjid Koba dan berakhir di Masjid Silaturahim, dekat dengan area Bumi Perkemahan Selawang Segantang Koba, Bangka Tengah.

Arak-arakan dari peserta pawai ini menampilkan pakaian adat/ bentuk kebudayaan lain dari masing-masing provinsi, termasuk Provinsi Jawa Tengah yang ikut ambil bagian dalam pawai kebudayaan ini.

Seperti yang dikatakan Aini Sa’adah, Pimpinan Kontingen Daerah (Pinkonda) Jawa Tengah menyampaikan kali ini Jawa Tengah mengusung adat / kebudayaan dari Kabupaten Kudus.

“Provinsi Jawa Tengah kali ini menampilkan pakaian adat dari Kabupaten Kudus, karena tahun ini yang mewakili Jawa Tengah dari MAN 2 Kudus”, terang Aini.

Lebih lanjut Aini menerangkan tentang adat kebudayaan Kab.Kudus yang diusung dalam pawai kebudayaan PPMN ini.

“Barisan depan sepasang itu merupakan baju adat kudus, sedangkan barisan yang mengenakan  baju kuning dibelakang itu baju tari lintang semarak yang mnggambarkan penyebaran islam melalui Sunan Muria dan Sunan Kudus yg membawa Islam dengan toleransinya, akulturasi budaya jawa dan syariat islam menyatu”,  jelas Aini.

Selama arak-arakan pawai ini tiap kontingen menampilkan yel – yel sebagai pengungkit semangat mereka. Iringan musik dari marching band turut menyertai arak-arakan pawai kebudayaan tersebut.

Pawai Kebudayaan ini merupakan ajang pengenalan seluruh budaya yang ada di Indonesia. Melalui penyelenggaraan PPMN seperti ini harapannya pramuka penegak yang juga generasi muda paham akan budaya Indonesia sehingga tetap perduli dan mempertahankan keutuhan NKRI.( wul)