Pembinaan Kehumasan Perlu Dukungan SDM dan Birokrasi

Mungkid – Komisi Kehumasan menyampaikan pentingnya pemenuhan sumber daya manusia di bidang kehumasan untuk terus diupayakan agar Kehumasan dapat berjalan dengan baik dalam rangka publikasi kegiatan Kementerian Agama.

Hal tersebut disampaikan Ahmad Maskuri, Pengelola Kehumasan Kantor Kemenag Kab. Magelang saat memaparkan hasil pembahasan Komisi Kehumasan pada Rapat Subbag TU se-Karesidenan Kedu, di RM Kebon Sumilir Magelang, Selasa, (17/04).

“Kehumasan telah bertransformasi menjadi posisinya yang strategis dalam memberitakan program-program Kementerian Agama. Bagaimana kinerja Kemenag dalam merealisasikan program kerjanya, apa program yang sudah dilaksanakan, dan bagaimana program-program tersebut dapat dirasakan oleh masyarakat semuanya menjadi bidang tugas Kehumasan,” kata Ahmad Maskuri.

Ahmad Maskuri melanjutkan, Kehumasan juga telah merambah pada penguatan tusi lintas sectoral sehingga kinerja kehumasan menjadi sangat kompleks. Agar terwujud insan Kehumasan yang profesional, maka pembinaan kompetensi Humas agar diarahkan untuk memenuhi kebutuhan SDm Pranata Kehumasan.

Saat ini banyak ASN dengan jabatan Calon Pranata Komputer yang menjadi pengelola Kehumasan. Dengan turunnya SK pengangkatan sebagai Pranata Komputer, tentunya akan berimbas pada kinerja kehumasan secara umum.

Komisi Kehumasan mengharapkan agar Kantor Kemenag Kab/Kota dapat melakukan penataan ulang terhadap SDM di bidang kehumasan sehingga Pranata Komputer yang terlibat dapat pengelolaan Kehumasan dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan memperoleh Angka Kredit.

“Dengan banyaknya calon Pranata Komputer yang semua menjadi Pengelola Kehumasan, maka perlu dipikirkan jalan terbaik dengan menempatkan para Pranata Komputer dibidang Teknologi Informasi yang mendukung kinerja Kehumasan,” kata Maskuri.

Minimnya kontribusi berita dari Seksi maupun Madrasah juga menjadi bahasan Komisi Kehumasan. Komisi Kehumasan berpendapat jalur birokrasi melalui Kepala Subbag Tata Usaha sangat diharapkan dalam rangka memberikan penguatan dan meningkatkan tanggung jawab para Kasi dan Kepala Madrasah untuk memberitakan kegiatannya sebagai bentuk tanggung jawab pelaporan.

Dengan terpenuhinya SDM dibidang Kehumasan dan dukungan Birokrasi, Komisi Kehumasan menyampaikan, harapan Kakanwil akan kontribusi berita di daerah dapat dipenuhi dan kegiatan-kegiatan di Kementerian Agama dapat terus diberitakan. (am/bd)