Penerimaan Rapor Picu Berprestasi Lebih Baik

Rembang – Setelah punya gawe Pembekalan dan Penglepasan Siswa Kelas IX bulan Mei kemarin,  hari ini giliran Kelas VII dan VIII MTsN Pamotan yang punya hajat,  yakni penerimaan rapor siswa Semester II. Penerimaan rapor ini berlangsung pada Sabtu pagi (17/6), dan dilakukan oleh orang tua / wali siswa.

Ratusan siswa tampak bersukacita dengan penerimaan rapor. Lantaran, mereka telah menyelesaikan ujian akhir untuk dua semester. Kepala MTsN Pamotan, Srianto mengatakan, Kegiatan ini merupakan Puncak dari seluruh kegiatan pembelajaran siswa Tahun Pelajaran 2016/2017.

Adapun jumlah siswa Kelas VII berjumlah 178 terdiri 6 rombel dan Kelas VIII berjumlah 164 terdiri  dari 6 rombel juga. Srianto mengatakan, selain terima rapor, pemanggilan orang tua/wali siswa juga bertujuan untuk meningkatkan silaturahmi dan juga bentuk perhatian terhadap keluarga siswa.

“Dengan kehadiran orang tua / wali siswa, wali kelas bisa berdiskusi mengenai perkembangan siswa dengan bertatap muka langsung. Dengan begitu, ada komunikasi antara wali kelas dan wali siswa,” kata Srianto.

Srianto berharap, penerimaan rapor ini bukan merupakan suatu bentuk kepuasan terhadap hasil belajar siswa. Sebaliknya, penerimaan rapor yang merupakan hasil evaluasi belajar siswa harus mampu menjadi pemantik peserta didik untuk belajar lebih keras dan berprestasi lebih baik.

“Penerimaan Rapor merupakan bentuk penilaian terhadap siswa,  tetapi ini bukan merupakan akhir dari pembelajaran karena belajar itu seumur hidup, sehingga walaupun libur diharap siswa tetap belajar di rumah,” kata Srianto.

Berdasarkan kaldik 2017, mulai Senin (19 Juni 2017), peserta didik mulai libur dan masuk kembali pada 17 Juli 2017. Adapun Guru dan pegawai walaupun libur tetap masuk sesuai jadwal piket. –khl/ss/bd