Peningkatan Pengelolaan ZIS, Mendorong Kepercayaan Masyarakat

Karanganyar – Bupati Karanganyar, Juliyatmono mengingatkan pimpinan baru Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Karanganyar segera mengumumkan perolehan zakat, infak dan sedekah yang diterimanya secara online. Hal ini diutarakan oleh Juliyatmono saat memberikan sambutan pada acara Sarasehan Baznas dan Pengukuhan Pimpinan Baznas Kabupaten Karanganyar di Pendopo Rumah Dinas Bupati Karanganyar, Rabu (18/05).

“Baznas saya minta harus melaporkan perolehannya secara online, tinggal masuk websitenya nanti kita bisa lihat pendapatan dan penyaluran dana zakat infak dan shodaqoh yang dikelola baznas,” ucap Bupati.

Lebih lanjut Bupati mengatakan bahwa dengan mengumumkan perolehan zakat, infak dan shodaqoh secara online akan meningkatkan kepercayaan masyarakat. “Supaya makin banyak yang menyalurkan dana lewat Baznas. Lalu bisa disalurkan. Tujuannya mengubah orang yang menerima menjadi pemberi, semangatnya itu. Kalau bisa laporkan secara terbuka perole han dananya”, kata Yuli sapaan akrab Bupati Karanganyar.

Orang nomor satu di Pemerintahan Kabupaten Karanganyar itu melantik lima orang pimpinan Baznas yang terdiri dari satu ketua Baznas (Sugiyarso) dan empat ketua bidang (Abdul Muid, Hafidzi, Badarudin dan Iskandar). Dari kelima orang tersebut dua diantaranya adalah unsur dari Kementerian Agama, penyuluh agama Islam non PNS dan purna Kepala Kankemenag Kabupaten Karanganyar.

“Kepada ketua dan pengurus baznas yang baru kami sampaikan selamat menunaikan amanah dengan sungguh-sungguh. Terus bekerjasama dengan semua pihak agar pengumpulan zakat ini terus lebih besar dan bermanfaat,” tutur Juliyatmono.

Sementara itu, Kepala Kankemenag Kabupaten Karanganyar, Musta’in Ahmad yang hadir menyaksikan pelantikan pimpinan Baznas mengharapkan agar kedepannya pengelolaan dana zakat, infak dan shodaqoh yang dikelola oleh tim yang baru semakin baik.

“Tingginya perolehan pengumpulan zakat, infak dan shodaqoh harus diikuti dengan pengelolaan yang semakin baik oleh pimpinan baru. Sehingga daya guna ZIS dapat lebih dirasakan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pemberdayaan umat,” kata Musta’in

Kemudian Kepala Kantor juga menegaskan bahwa Kementerian Agama siap bersama-sama pimpinan Baznas yang baru dilantik untuk melaksanakan tugasnya dengan baik, sesuai dengan salah satu diktum pengurus Baznas yang tertuang dalam SK Bupati. (Hd/gt)