Penyuluh Agama Islam Bawang Bergerak Bersihkan Masjid

* Nurudin Junaedi Koordinator Penyuluh Agama Islam Bawang memimpin kegiatan GEMBIRA

Batang – Salah satu program unggulan dari Forum Komunikasi Penyuluh Agama Islam (FKPAI) kecamatan Bawang pada bulan ini adalah program Gerakan Masjid Bersih Indah Rapi dan Aman (GEMBIRA).  Maksud dan tujuan program ini diantaranya adalah melakukan pengabdian langsung pada masyarakat serta memperkenalkan eksistensi Penyuluh di tengah masyarakat dengan kegiatan riil. Gerakan kali ini dilakukan di Masjid Al Hikmah Dk.Lobang Desa Sangubanyu pada hari Jumat (24/09)

Kepala KUA Kecamatan Bawang H. Moh. Romdhon dalam keteranganya menyampaikan bahwa pihaknya mendukung dan memberi semangat pada para penyuluh, karena dengan kegiatan yang nyata itu paling tidak mesyarakat akan melihat kinerja yang baik, bahwa penyuluh agama Islam tidak hanya bergerak dalam hal ilmu agama saja namun bakti sosial juga merupakan kegiatan yang dilakukannya.

“Saya selaku Kepala KUA Kec Bawang terus mendorong dan menyemangati para Penyuluh baik Fungsional maupun Non PNS untuk melakukan kegiatan nyata di tengah masyarakat, salah satunya adalah Gerakan Masjid Bersih Indah Rapi dan Aman yang (GEMBIRA) ini,” kata H. Moh. Romdhon

Dia juga menambahkan bahwa kegiatan yang bernuansa bakti social ini harapanya dapat membantu dan memberikan motivasi pada takmir masjid akan pentingnya kebersihan. Menurutnya tempat ibadah yang bersih pasti akan berdampak pada kesemangatan dan kekhusukan masyarakat beribadah di Masjid.

“ Saya berharap program ini bisa membantu, minimal memberi motivasi kepada Pengurus Takmir khususnya dan warga masyarakat pada umumnya akan pentingnya kebersihan tempat ibadah “. harapnya.

Sementara itu Koordinator penyuluh agama Islam Kecamatan Bawang Nurudin Junaedi dalam penjelasannya mengatakan bahwa Penyuluh Agama Islam Bwang sebenarnya memiliki 4 program unggulan seperti program GEMBIRA, pemulasaraan jenazah, ngaji bareng kitab dan latihan rebana.

“ Sebenarnya penyuluh Agama Islam Bawang tidak hanya memiliki kegiatan itu saja namun masih ada tiga lagi sebagai unggulan yaitu pemulasaraan jenazah, ngaji bareng kitab dan latihan rebana,” kata Nurudin.

* Dengan bergotong royong para penyuluh agama Islam di Bawang membersihkan masjid disalah satu desa

Dia menambahkan disamping itu ada kegiatan rutin dan wajib dilakukan yaitu pembinaan majelis Taklim di Desa Binaan masing-masing serta tugas lain yang diberikan oleh atasan yaitu Kepala KUA.

“Selain program unggulan itu penyuluh agama Islam juga memiliki tugas wajib yaitu membina majelis taklim di desa binaannya masing-masing juga tugas-tugas lain yang berikan oleh Kepala KUA Kecamatan,” tegasnya.

Sebelum pelaksanaan kegiatan GEMBIRA dilakukan survey dulu oleh Penyuluh Non PNS di Desa Binaannya, pada bulan ini ada dua alternatif lokasi Program GEMBIRA yaitu di Dk. Tegal kasur Desa Sidoharjo dan di Dk. Lobang Desa Sangubanyu. Setelah melalui kajian survey, maka program GEMBIRA kali ini ditetapkan di Masjid Al Hikmah Dk. Lobang Desa Sangubanyu.

Salah satu tokoh masyarakat di desa Lobang bapak Giman yang menyertai kegiatan GEMBIRA itu menyatakan senang dan menerima kedatangan para penyuluh yang langsung membersihkan masjidnya.

“Masjid ini dibangun pada tahun 2014 oleh warga satu RT dengan jumlah kepala keluarga 80 KK. Tetapi karena kemampuan warga yang sangat terbatas maka sampai saat ini kondisi bangunan masih jauh dari sempurna,”tandas Giman

Sedangkan takmir masjid al hikmah yang juga menerima kedatangan penyuluh mengucapkan terima kasih yang tak terhingga atas bantuan tenaga, materi yang diberikan untuk masjid, biasanya kebersihan masjid hanya dengan tenaga yang minim sehingga kebersihan maksimal, namun ini ada program GEMBIRA dari FKPAI KUA Kec Bawang, sungguh sangat membantu, dia juga memohon maaf atas sambutannya yang belum memenuhi harapan para Penyuluh.(Nurudin Junaedi/Zy)