Penyuluh Agama Islam Dituntut Untuk Selalu Meningkatkan Kualitas dan Profesionalitas

Wonogiri – Kepala  Kankemenag  Wonogiri, Subadi memberikan motivasi dan pembinaan kepada para pengurus Kelompok Kerja Penyuluh Agama Islam, Selasa pagi, (15/01) di Ruang Rapat Kankemenag Wonogiri

Ka. Kankemenag Wonogiri, Subadi menyebutkan penyuluh agama Islam merupakan satu fungsional di lingkungan Kemenag dengan posisi strategis dalam menyampaikan pesan pembangunan dan keagamaan kepada masyarakat dalam bahasa agama sehingga para penyuluh untuk selalu meningkatkan kualitas dan profesionalitas penyuluh.

“Penyuluh agama Islam di samping sebagai pendakwah juga sebagai penyambung lidah pemerintah yang dulu dikenal sebagai juru penerang, sehingga harus mampu menyampaikan pesan dengan arif dan bijak, serta mampu menyesuaikan perkembangan zaman termasuk dakwah dengan tulisan,” jelas Subadi.

Penyuluh memiliki tugas untuk terjun langsung ke masyarakat, sehingga harus memiliki keilmuan dan keahlian retorika dakwah juga menjadi teladan bagi umat Islam di wilayah binaannya.

Untuk itu sejak beberapa tahun Kementerian Agama memandang perlu untuk memberikan penghargaan atas keteladanan para penyuluh melalui penilaian, yaitu dengan mengadakan pemilihan penyuluh Agama Islam Teladan mulai dari jenjang kabupaten, provinsi dan nasional.

Menurut Subadi diharapkan setelah beberapa tahun penyuluh mengikuti even tersebut di harapkan mereka mampu memberikan motivasi bagi para penyuluh agama Islam yang lain untuk meningkatkan ketekunan dan pengabdian dalam pembinaan serta pelayanan kepada masyarakat.

Dalam acara diskusi santai tersebut, Ka, Kankemenag mendorong penerbitan buletin khutbah jum’at untuk bisa di distribusikan di Kabupaten Wonogiri, sehingga mampu memberikan manfaat bagi para khotib atau penceramah. (Mursyid_heri/Wul)