Peringati HUT RI, ASN Kemenag Ikuti Kegiatan Gerakan Kebersihan Bersama Pemerintah Daerah

Wonogiri – Dalam rangka memperingati Hari Ulang tahun (HUT) Republik Indonesia ke-73, Aparatur Sipil Negara Kankemenag Wonogiri mengikuti kegiatan jalan sehat, senam kesehatan jasmani berbaur dengan ASN pemerintah kabupaten, anak sekolah dan masyarakat ikut  Gerakan Kebersihan, Ketertiban, dan Keindahan (K3) di seluruh wilayah Wonogiri.

Menurut  Kasubbag TU Kankemenag Wonogiri, Haryadi kegiatan jum’at bersih tersebut yang dilakukan yaitu membersihkan area perumahan dari sampah, gulma dan sedimentasi, membersihkan drainase lingkungan dari sampah, dan melaksanakan pemberantasan sarang nyamuk, Jum’at (10/08).

Dalam aksi jum’at bersih tersebut, Pemkab Wonogiri juga mengajak masyarakat untuk melaksanakan pengelolaan sampah melalui pembudayaan pemilahan sampah organik dan anorganik, pengolahan melalui 3R (Reuse, Reduce, Recycle).

“Masyarakat juga diminta untuk tidak melakukan pembakaran sampah sebagai upaya pengendalian pencemaran udara dan pencegahan pemanasan global.” harap Haryadi.

Ditambahkan bahwa kegiatan tersebut perlu di teruskan dengan kegiatan menanam tanaman peneduh atau perindang di lahan yang kosong, pemeliharaan dan penanaman tanaman penghijauan pada taman di area perumahan, serta menjaga dan menciptakan keberadaan ruang terbuka hijau perkotaan.

Pemerintah sendiri memprogramkan Jum’at Bersih, Sabtu Hijau, dan Minggu Sehat, Sedangkan Minggu Sehat adalah waktu yang dapat digunakan untuk menjaga kesehatan dengan melaksanakan senam sehat, jalan sehat, maupun aktivitas yang lainnya. diharapkan, seluruh masyarakat Wonogiri dapat melaksanakan kegiatan ini demi terjaganya kelestarian lingkungan dan terciptanya kehidupan yang sehat.

Kegiatan yang di ikuti ASN Kankemenag Wonogiri tersebut juga di gunakan ajang untuk bersih-bersih area perkantoran, memotong dahan pepohonan  di seputaran kantor.

“Kerja bhakti ini diharapkan mampu memupuk semangat kebersamaan di antara ASN Kemenag baik pejabat struktural maupun JFT dan JFU. Disamping itu pula kebersihan kantor dan lingkungan merupakan salah satu target dalam upaya peningkatan pelayanan terhadap masyarakat. Sehingga diharapkan keindahan, kerapian dan kebersihan akan senantiasa membawa dampak positif bukan hanya terhadap ASN, terlebih dalam bidang pelayanan kepada masyarakat kota gaplek”. tandas Kasubbag TU (Mursyid_Heri/Wul)