Pesan Guru BK Jelang PAS Gasal: Percaya Diri

Tegal (Slawi)-Pekan depan MTs Negeri 2 Tegal akan melaksanakan kegiatan Penilaian Akhir Semester (PAS) Gasal bagi seluruh peserta didiknya, baik kelas VII, VIII, maupun kelas IX.

Dari pantauan Warior, panitia pelaksana kegiatan telah menyiapkan perangkat ujian, memasang daftar ruang serta daftar peserta per ruang, dan telah membagikan kartu peserta PAS kepada seluruh siswa.

Ditemui di ruang kerjanya, Rabu (28/11), Rini Widiastuti yang merupakan salah satu guru Bimbingan Konseling (BK) memberikan pesan singkat kepada seluruh siswa jelang kegiatan PAS gasal ini.

“Tetap belajar, percaya diri, dan yakin,” katanya.

Beliau menghimbau agar para siswa tidak tergoda dengan ajakan teman sebaya yang menjurus kepada hal-hal yang membahayakan jelang kegiatan PAS Gasal ini.

“Saya himbau kepada seluruh siswa agar menjaga pola hidup sehat, jangan motor-motoran, membahayan kalau di jalan, apalagi belum punya SIM, serta istirahat yang cukup, jangan main sepakbola dulu sampai ujian benar-benar selesai. Karena namanya musibah, tidak ada yang tahu kapan bakal terjadi,” tambahnya.

Beliau juga berpesan, sebelum berangkat, agar menjaga pola makan sehat, serta selama mengerjakan soal-soal, agar tetap tenang, fokus, dan tidak tergoda mencontek hasil kerja teman lainnya.

“Sarapan dulu sebelum berangkat, dan selama mengerjakan soal, cobalah untuk berusaha mengerjakan sendiri, jangan nyontek atau minta jawaban ke teman. Kuncinya percaya diri dengan kemampuan diri sendiri. Hasilnya pasti akan lebih membanggakan, sekalipun itu belum memuaskan secara hasil,” pungkasnya.

Untuk diketahui, kegiatan Penilaian Akhir Semester (PAS) Gasal dilaksanakan selama 6 hari, terhitung mulai Senin-Sabtu (03-08/12), terbagi menjadi 38 ruang ujian, 1 meja 1 siswa, dan masing-masing ruang diawasi oleh 1 orang pengawas dari unsur guru. (akb/rf)