Pupuk Semangat Menghafal Al Qur’an Bagi kaum Ibu, Penyuluh Dan Badko TPQ Adakan Lomba

Wonogiri – Upaya meningkatkan semangat dan gairah ibu-ibu rumah tangga dalam menghafal Al-Qur’an, Penyuluh Agama Islam Kecamatan Fungsional dan Non PNS bersama Badko menyelenggarakan lomba  Hafalan Al Qur’an Surat Asy-Syams di Balai Desa Setrorejo, Baturetno, Minggu (08/04).

Penyuluh Agama Islam Fungsional Kecamatan Baturetno, Nurul Zuliawati menyampaikan bahwa tujuan kegiatan ini, selain untuk syi’ar Islam  juga merupakan salah satu upaya menumbuhkan kecintaan dan menggairahkan ibu-ibu untuk senantiasa belajar membaca dan menghafal sehingga di harapkan bisa mempelajari dan memahami Al Qur’an sebagai petunjuk dan pedoman hidup paripurna umat manusia.

Kegiatan ini tidak lazim menurutnya karena biasanya lomba di ikuti anak-anak yang masih fresh ingatannya, hal ini untuk menangkis stigma bahwa seiring bertambahnya usia, daya ingatnya mulai menurun,  Jangankan untuk menghafalkan sesuatu, mengingat beberapa hal dalam waktu yang lama pun itu sudah menjadi salah satu yang sangat luar biasa apalagi ibu biasa sangat sibuk mengurus anak dan berkutak di dapur.

Selain itu  juga sebagai ajang perlombaan atau bisa menjadi momentun peningkatkan kualitas moral masyarakat, lantunan ayat-ayat suci Al Qur’an yang di kumandangkan mengandung makna kebaikan bagi masyarakat.

“Dengan adanya lomba hafalan Al Qur’an ini tentunya ibu-ibu bisa mendorong anak-anak mereka untuk juga belajar menghafal seperti sabda Rosulullah SAW, Siapa yang membaca Al-Qur,an memperlajarinya, dan mengamalkannya, maka dipakaikan mahkota dari cahaya pada hari kiamat, cahaya seperti cahaya matahari dan kedua ortuanya dipakaikan dua jubah, kemudian yang tidak pernah didapatkan di dunia,” ucap Nurul.

Kegiatan ini memberikan pesan kepada masyarakat, bahwa dengan ketekunan dan kemauan yang kuat siapapun bisa menghafaklan Al Qur’an buktinya mereka mampu melantunkan bacaan ayat suci Al Qur’an dengan baik.

Selain itu kegiatan ini di harapkan bisa menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas dan ketaatan beragama, maka berbicara peningkatan kualitas kehidupan beragama maka hal ini merupakan tanggung jawab kita bersama.  (Mursyid_heri/Wul)