Rapat Evaluasi Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) Kabupaten Temanggung Tahun 2018

Temanggung – Sehubungan telah berakhirnya kegiatan Pemberangkatan dan Pemulangan Jamaah haji Kabupaten Temanggung tahun 1439 H/2018 M, Panitia Penyelenggaraan Ibadah haji (PPIH) Kabupaten Temanggung  melaksanakan Rapat Evaluasi yang diselenggarakan pada Rabu (12/12), dan bertempat di  Rumah Makan Omah Kebon Temanggung. Rapat evaluasi di hadiri oleh semua Panitia Pemberangkatan Haji dan Petugas Haji .

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, selaku Ketua PPIH Kabupaten Temanggung dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua panitia, serta unsur Pemkab, Polres, PPIH, dan Pembimbing Haji serta semua pihak yang telah membantu suksesnya penyelenggaraan ibadah haji Kabupaten Temanggung,  dari pemberangkatan sampai pemulangannya.

Secara umum penyelenggaraan pemberangkatan dan pemulangan jemaah haji Tahun 2018 ini berjalan lancar tanpa kendala yang berarti. Akan tetapi bukan berarti tidak ada kendala sama sekali, setiap tahun permasalahan haji pasti ada, untuk itu mari kita perbaiki dan kita sikapi dengan bijak, karena jemaah hajinya pun tiap tahun berbeda, maka akan berbeda pula dalam pengetahuan, karakter, emosionalnya dan lainnya. Hal ini yang harus kita maklumi dan kita sadari bersama bahwa penyelenggaraan ibadah haji pasti ada masalah walaupun hanya hal yang kecil.

Senada dengan Ketua PPIH, Kepala Seksi PHU Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, H. Thowaf, M.Ag mengatakan, “pemberangkatan dan pemulangan jemaah haji Kabupaten Temanggung tahun 2018 ini secara umum berjalan dengan baik dan lancar. Untuk itu kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terkait dan selaku mitra kerja dalam kegiatan pemberangkatan dan pemulangan jemaah haji,” ujarnya.

Selanjutnya, Thowaf juga menyampaikan agar semua KBIH yang tergabung dalam Forum KBIH Kabupaten Temanggung, agar turut membantu pemerintah dalam pelaksanaan dan penyelenggaraan Ibadah haji, dengan cara mematuhi aturan-aturan/regulasi yang telah di tentukan oleh pemerintah.

“Jaga kekompakan dan saling membantu baik didalam negeri maupun ketika berada di Tanah Suci,” tuturnya.

Akhirnya Kepala Seksi PHU Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, mengharapkan semoga pelaksanaan dan penyelenggaraan ibadah haji tahun mendatang akan lebih baik lagi, “terus berupaya untuk meminimalisir kekurangan-kekurangan tahun ini dan berusaha untuk memperbaikinya,” pungkasnya.(sr/sua)