Sebanyak 47 Siswa MA Ikuti KSM Tingkat Kabupaten/Kota Tahun 2021

Tegal (Slawi)-Sebanyak 47 siswa Madrasah Aliyah (MA) Kabupaten Tegal ikuti Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Tengah Tahun 2021. Mata pelajaran yang dilombakan pada KSM tingkat Kabupaten/Kota ada enam mapel diantaranya (Matematika Terintegrasi, Biologi Terintegrasi, Fisika Terintegrasi, Kimia Terintegrasi, Ekonomi Terintegrasi, dan Geografi Terintegrasi). Pelaksanaan KSM menggunakan moda daring dan dibagi menjadi tiga sesi.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tegal melalui Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Banu Hamdan, menyampaikan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) adalah sebuah ajang berkompetisi dalam bidang sains yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia.

“Kompetisi Sains Madrasah diselenggarakan mulai dari tahun 2012 hingga tahun 2017 dilakukan secara konvensional dan pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah berbasis teknologi dimulai sejak tahun 2018 sampai dengan sekarang. Untuk KSM tahun ini seluruhnya menggunakan moda daring, dengan pengawasan di tingkat Kabupaten/Kota,” ungkap Banu Sabtu (21/8).

Lebih lanjut Banu Hamdan mengatakan jumlah madrasah yang mengirimkan peserta KSM Tingkat Kabupaten/Kota tahun 2021 berjumlah 18 MA yang terdiri 2 Madrasah Aliyah Negeri dan 16 Madrasah Aliyah Swasta.

“KSM tingkat Kabupaten/Kota hanya berlangsung selama satu hari pada tanggal 21 Agustus 2021. Dengan kata lain, enam mata pelajaran dari yang dilombakan diselesaikan pada hari itu juga. Penilaian terhadap jawaban siswa langsung dikoreksi secara otomatis oleh komputer dan pemenang di tingkat Kabupaten/Kota akan melaju pada KSM tingkat Provins,” terangnya

Banu berharap dari peserta Kabupaten Tegal akan mendapatkan hasil terbaik dan bisa mewakili Kabupaten Tegal ke tingkat Provinsi Jawa Tengah, pungkasnya. (dhi/qq)