SMPN 26 Semarang Bekali Peserta Didik Manasik Haji

Semarang – Ratusan anak-anak kelas IX SMPN 26 Kota Semarang mengikuti peragaan manasik haji di Asrama Haji Transit Islamic Centre Semarang, Rabu (10/10).

Menurut ketua panitia, Muhtarom, kegiatan manasik haji bagi peserta didik kelas IX merupakan agenda rutin tahunan sekolahnya sebagai bekal keagamaan anak-anak yang sebentar lagi lulus ujian, “kegiatan ini dimaksudkan untuk membekali anak yang sebentar lagi lulus ujian agar menjadi anak yang kuat keimanannya”, tuturnya.

Peragaan manasik ini mengambil haji gelombang II dengan urutan secara lengkap, mulai niat dari miqot di Bandara Jeddah, Umroh wajib (thawaf dan sa’i), kegiatan Arofah, Muzdalifah, dan Mina (Armuna) dengan pelaksanaan shalat Dzuhur dan Ashar Jamak Taqdim Qosor lengkap dengan khutbah wukufnya, dan diakhiri dengan thawaf ifadhoh.

Anak-anak mengenakan pakaian ihrom berwarna putih. Mereka mengikuti pembimbing manasik dengan antusias, “Pelaksanaan manasik haji tahun ini mengundang pembimbing manasik senior dari Kemenag Kota Semarang”, tambah Muhtarom

Ketua Pengawas PAI Kemenag Kota Semarang, Muh Faojin yang mendampingi kegiatan mengatakan, peragaan manasik haji untuk anak SMP sangat positif karena memberikan bekal anak yang baru memasuki masa pubertas dengan bekal keagamaan yang bermanfaat, “diharapkan anak-anak remaja ini mendapat penyaluran kegiatan yang potif di samping memotivasi tumbuh kembang aspek spiritualnya dengan benar”, tegasnya.

Kontributor: Amhal