Sosialisasi Hygiene & Sanitasi Personal dari Puskesmas bagi Siswa Madrasah

Wonogiri – Untuk menciptakan pola hidup sehat, para peserta didik Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah (MIM) Purno Wuryantoro Wonogiri mendapatkan penyuluhan dan sosialisasi Hygiene & Sanitasi Personal pada Anak Sekolah dari petugas Puskesmas Wuryantoro, Senin (27/8) di Aula madrasah empat.

Menurut kepala MIM Purno, Suharmadi semua peserta didik dari madrasahnya di dampingi semua guru mengikuti penyuluhan dan sosialisasi, mereka mendapatkan pengetahuan tentang sanitasi dari Puskesmas Wuryantoro.

“Sosialisasi lebih menekankan bagaimana cara menjaga kebersihan diri sendiri dan lingkungan agar terhindari dari berbagai penyakit penyakit, di terangkan cara mencuci tangan.  Termasuk menghindari kebiasaan kita yang suka BAB di sembarang tempat, tidak pakai sandal dan kuku yang tidak bersih, termasuk tidak jajan sembarangan baik di sekolah maupun di rumah sehingga masuk kedalam tubuh dan tetap menjaga pola hidup sehat,” jelas Suharmadi.

Menanggapi hal tersebut Kasi Pendidikan Madrasah Kantor  Kemenag Wonogiri, Fauzi Rohman Jauhari diharapkan peserta didik yang mengikuti acara tersebut dapat menjadi pelopor bagi peserta didik yang lainnya di serta dapat menjadi penyuluh bagi keluarga dan lingkungan sekitar, sehingga dapat menjadi pribadi yang memiliki perilaku hidup sehat.

“Kegiatan sosialisasi tersebut sangat bermanfaat sekali bagi peserta didik dan sekolah, mampu menamankan sejak dini hidup sehat dan menjaga lingkungan sekolah tetap bersih dan hygene sehingga para siswa berperilaku hidup sehat,” tandas Fauzi.

Di tambahkan Fauzi, bahwa ketersediaan air bersih serta sarana sanitasi yang memadai merupakan faktor penunjang kelancaran proses belajar mengajar. Sayangnya, di banyak madrasah kondisi air bersih dan sanitasi sangat memprihatinkan. Ini juga ditunjang dengan kurangnya kesadaran dan pemahaman tentang pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat.  Sehingga dengan sosialisasi ini harapannya mampu membangun Madrasah yang Sehat. (Mursyid_heri/Wul)