Study Banding, Memperkuat Pembangunan Zona Integritas

Klaten – Kemenag Klaten kembali menerima kunjungan dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang terkait study banding ZI, yang bulan sebelumnya dari Kemenag Kota Serang berkunjung ke Kemenag Klaten.

Kepala Kemenag KlatenMasmin Afif didampingi Plt Ka. Sub Bag. TU, tim ZI dilingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten secara langsung menerima  kunjungan study banding dari Kantor Kementerian Agama Kab Rembang yang beranggotakan 5 orang yang dipimpin langsung Kasubbag TU bertempat di ruang Kakankemenag,(15/11).

Kasubbag Tata Usaha Kemenag Rembang Mohammad Ali Anshory mengatakan, kedatangannya untuk saling berbagi ilmu dan pengalaman dari Tim Pelaksana ZI-WBK/WBBM  yang ada di Kemenag Klaten, apa yang telah diterapkan di Kemenag Klaten juga bisa diterapkan di Kemenag Rembang nantinya.

“Sehingga diharapkan banyak pelajaran yang dapat dipetik dari study banding ini, yang nantinya akan kita dijadikan sebagai acuan dalam mewujudkan dan memperkuat pembangunan Zona Integritas. Karena membangun Zona Integritas ini di butuhkan tim yang baik. Maka seluruh jajaran pimpinan satker dan unit kerja harus bisa menjadi pionir dalam mewujudkan Zona Integritas, Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK), dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Kakankemenag Kab Klaten Masmin Afif mengatakan, dengan tangan terbuka dan menyambut gembira kedatangan Kemenag Rembang dalam rangka study banding ZI dan sebagai wahana sillaturrahim antar Kemenag.

“Silahkan kepada Kemenag Rembang untuk bisa saling bertukar pikiran dan sharing untuk peningkatan kinerja di Kemenag, tidak ada yang ditutup-tutupi dan tim ZI Kemenag Klaten akan memberikan penjelasan terkait ZI yang telah dilaksanakan,” kata Masmin.

Ini merupakan tantangan yang berat dan harus dihadapi bersama-sama, Hasil Evaluasi Pembangunan Zona Integritas pada satuan kerja pilot project ZI-WBK/WBBM Kementerian Agama Tahun 2016, Satker Kankemenag Kab. Klaten menempati urutan ke dua dari 100 satker Kankemenag Kab/kota seluruh Indonesia yang menjadi  pilot project ZI.

“Untuk itulah Kemenag Klaten terus berusaha meningkatkan lagi dan minimal mempertahankan peringkat yang telah dicapai,” harap Masmin.(sm_aj/Wul)