Subadi : Tuntaskan Realisasi Anggaran Di Akhir Tahu Dengan Evaluasi Anggaran

Wonogiri – Mendekali akhir tahun 2018,  Kantor Kemenag Kab. Wonogiri, Jum’at (09/11) bertempat di Ruang rapat Kepala Kankemenag Wonogiri, H. Subadi di dampingi Kasubbag TU memimpin rapat koordinasi dalam rangka evaluasi pelaksanaan kegiatan akhir tahun 2018 yang di ikuti pengelola DIPA Kankemeag Wonogiri.

Kegiatan rapat koordinasi menitikberatkan beberapa hal terkait evaluasi kegiatan akhir tahun sekaligus melihat dan memantau realisasi anggaran untuk tahun 2018 sampai bulan ini.

Kakankemenag  Wonogiri kepada para pengelola DIPA menegaskan segera melakukan langkah-langkah untuk percepatan realisasi anggaran, yaitu dengan melakukan evaluasi secara menyeluruh semua anggaran yang belum terlaksana, yang dapat direalisasikan saat ini, segera lakukan pencairan dan laksanakan kegiatan.

“Rendahnya realisasi tahun ini akan menyebabkan berkurangnya Pagu anggaran Satker yang bersangkutan di tahun yang akan datang, oleh sebab itu mari kita optimalkan penyerapan anggaran tahun ini,” tegas Subadi

Realisasi pelaksanaan atau penyerapan anggaran suatu satker menurutnya merupakan ukuran kinerja sebuah instansi pemerintah. Untuk mencapai target yang sudah ditetapkan tersebut beliau mendorong setiap PPK untuk segera membuat perencanaan program kegiatan yang akan dilaksanakan agar segera mungkin dapat dilaksanakan sesuai dengan waktu efektif saat ini.

Untuk itu, setiap selesainya kegiatan yang bersumber dari dana DIPA harus di lakukan evaluasi dan koordinasi sehingga semua kegiatan dapat menjamin bahwa pelaksanaannya sesuai dengan tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan, serta untuk mengenali dan mengatasi permasalahan dan kendala yang timbul dalam pelaksanaan kegiatan baik secara administrasi, keuangan maupun fisik.

Seharusnya penyerapan anggaran harus berbanding lurus dengan program kerja, indikasi keberhasilan satker salah adalah besarnya penyerapan anggaran.

 Subadi kembali mengingatkan beberapa hal penting utamanya menyikapi akhir tahun anggaran, di harapkan semua satker untuk bekerja keras menyelesaikan kegiatan sebelum akhir tahun tetapi tetap harus sesai aturan yang berlaku.

“Laksanakan program-program, utamanya yang bersumber dari dana DIPA dengan efektif, efisien, transparan, dan akuntabel” harapnya. Kasubbag TU minta jajarannya dapat melaksanakan program dan kegiatan dengan baik, serta mentaati peraturan yang berlaku. (Mursyid/heri/rf)