Suluk Rampak Pukau Siswa MTsN 2 Rembang

Rembang – Group Kesenian Suluk Rampak MTs Negeri 2 Rembang (Madsada) di bawah bimbingan Toharudin tampil mengisi kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Grup kesenian yang beranggotakan Ibu-Ibu guru MTs Negeri 2 Rembang ini dengan piawai memainkan alat-alat musik mengiringi vokalis. Mereka mengalunkan lagu-lau islami di atas panggung menghibur siswa dalam Kegiatan Maulid Nabi pada Sabtu (30/10/2021) di halaman madrasah.

Muhammad Yunus Anis, Kepala MTs Negeri 2 Rembang menyampaikan, grup kesenian yang digawangi 12 personil ini merupakan salah satu bentuk aktivitas guru Madrasah dalam mengembangkan kesenian islami lingkungan madrasah.

Yunus Anis juga mengapresiasi kepada Toharudin atas semangat dan kesungguhannya sehingga dalam waktu yang relatif singkat mampu melatih guru-guru bermain musik. “Padahal semua personil sama sekali belum pernah memainkan alat-alat musik tersebut, mereka benar-benar belajar dari nol,” jelas Yunus Anis.

Toharudin menjelaskan, kesenian hadroh mengandung beberapa nilai yang terkait dengan aspek-aspek pendidikan seperti ketuhanan (tauhid), ibadah, dan budi pekerti (karakter).

Nilai-nilai karakter di madrasah dapat ditanamkan dengan cara diintegrasikan pada mata pelajaran.

Selain itu juga melalui ekstrakurikuler sebagai salah satu wadah menanamkan karakter kepada peserta didik. “Di sini siswa diperkenalan alat-alat hadroh, sholawat-sholawat baik yang berbahasa Arab maupun Indonesia,” kata Toharudin. (Wient).