Tebarkan Energi Kebersamaan dan Merawat Kerukunan

Temanggung – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung menggelar upacara memperingati Hari Amal Bhakti (HAB) ke-73 Kementrian Agama RI Tahun 2019, Kamis (3/1),  dengan mengusung tema “Jaga Kebersamaan Ummat”. Acara yang berlangsung di Alun-Alun Temanggung tersebut, bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Bupati Temanggung, H.M. Hadzik.

Dihadiri unsur FKPD, Kepala SKPD, pejabat di lingkup Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, para pensiunan ASN Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, para Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama, Ketua MUI, Ketua FKUB, Ketua BAZNAS, dan undangan lainnya. Upacara HAB ke-73 diikuti seluruh pegawai /Guru di wilayah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, dan siswa-siswi dalam lingkup Kementerian Agama.

Bupati, H .M. Hadzik menyampaikan amanat Menteri Agama RI, diantaranya menyebutkan, Kementerian Agama RI memperingati hari bersejarah ini dalam kesederhanaan, dan keprihatinan untuk membantu korban dampak dari peristiwa alam di beberapa wilayah.

“Sejalan dengan tema HAB Kementerian Agama tahun ini, saya mengajak seluruh jajaran Kementerian Agama, apalagi ditahun politik sekarang ini, mari senantiasa menebarkan energi kebersamaan, dan merawat kerukunan,” ucap Hadzik membacakan amanat Menteri Agama RI.

Ia juga menyampaikan, berdirinya Kementerian Agama adalah untuk menjaga dan memelihara, sekaligus mengembangkan kualitas pendidikan agama agar tetap terjaga dan pada akhirnya agar kualitas kehidupan beragama bangsa semakin meningkat.

“Mari kita hindari, mari kita jauhi saling menebar benci sesama kita, melempar fitnah, saling menyuburkan kebencian hati, dan saling melukai hati antar sesama anak negeri, semoga kita terlindung dari Allah SWT,” sambungnya.

Kegiatan tersebut juga dirangkai dengan penyerahan penghargaan Lancana Karya Satya, kepada 35 pegawai dan penyerahan bantuan kepada guru TPQ, Guru Wiyata Bakti yang belum bersertifikasi.

Usai Upacara Bendera dilanjutkan kegiatan tasyakuran di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung. Dalam sambutannya  Kepala Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, Saefudin mengatakan, di Hari Amal Bhakti Kementerian Agama Ke-73 ini kedepan Kementerian Agama Kabupaten Temanggung akan lebih maju dan lebih maju lagi dengan meningkatkan kualitas kinerja pegawai untuk terus berinovasi dalam kerja dan optimal dalam melayani masyarakat serta menjaga kebersamaan umat sesuai dengan Tema Hari Amal Bakti Kementerian Agama Ke-73 Tahun 2019.(sr/sua)