Tim Kerja ZI Kemenag Salatiga Ikuti Kick Off Evaluasi SAKIP, RB, dan ZI

Salatiga — Tim Kerja Pembangunan Zona Integritas (ZI) Kankemenag Kota Salatiga mengikuti bersama Entry Meeting Evaluasi System Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah, Reformasi Birokrasi dan Zona Integritas Tahun 2021 secara virtual melalui live  youtube Kementerian PANRB dan RBkunwas di Aula Kankemenag Kota Salatiga, Rabu (18/09). Tampak hadir Kepala Kankemenag Kota Salatiga, H. Taufiqur Rahman, Kasubbag TU selaku Ketua PMPZI H. M. Soleh Mubin, Sekretaris PMPZI Anggun Taruna Putra  dan anggota tim kerja PMPZI.

Terkait dengan Kick Off Meeting Pelaksanaan Evaluasi SAKIP, RB, dan ZI tahun 2021 disampaikan Sekjen Kemenag RI, Prof Nizar dalam bahwa Tim Penilai nasional (TPN) Kementerian PANRB akan melalui evaluasi SAKIP, RB, dan ZI pada seluruh instansi pemerintah dan untuk tahun 2021 evaluasi dilaksanakan secara desk evaluasi dan pendalaman akan dilakukan secara virtual.

Dalam acara Kick Off Evaluasi SAKIP, RB, dan ZI yang diadakan oleh Kementerian PANRB tersebut dibahas tentang pendahuluan pelaksanaan evaluasi sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah, SAKIP, RB, dan ZI serta publikasi pelaksanaan survei hasil penilaian RB dan ZI Tahun 2021. Digelar dalam tiga sesi, KemenPANRB menghadirkan narasumber Erwan Agus Purwanto, Akhmad Hasmy, dan Canggih Hangga W.

Kakankemenag setelah acara tersebut menyampaikan berbagai persiapan yang harus dilakukan Kankemenag Kota Salatiga dalam menghadapai Tim Penilai Nasional dari KemenpanRB. Untuk memaparkan perkembangan ZI dan profil Kemenag, dibutuhkan presentasi yang bagus dan menarik. Mengetahui cara membuat slide power point yang menarik adalah kunci sukses sebuah presentasi, maka dari itu Kakankemenag meminta Tim Kerja PMPZI untuk berlatih cara membuat presentasi yang menarik. Kemudian, dibutuhkan video profil untuk memperkenalkan kondisi Kankemenag Kota Salatiga. Dalam waktu dekat, video profil Kankemenag Kota Salatiga akan segera dikonsep, dibuat oleh Tim Kreatif dan ASN yang melek IT.

Selanjutnya ditambahkannya, terlepas dari kekurangan secara fisik atau bangunan, Kakankemenag menyampaikan agar menonjolkan segala kelebihan yang dimiliki oleh Kemenag Salatiga seperti budaya kerja, inovasi-inovasi, dan semangat ASN Kemenag Salatiga dalam mengabdi kepada negara dengan melayani masyarakat secara optimal. Kedepannya, Tim PMPZI Kemenag Salatiga akan mengadakan rapat rutin tiap minggunya dalam rangka menghadapi penilaian oleh KemenpanRB. (Humas/Fitri-Khusnul)