Tingkatkan Karakter Siswa, Guru MTs Muhammadiyah Merden Buat Video Pembelajaran berbasis Sosial-Spiritual

Banjarnegara – Dalam rangka meningkatkan kemampuan guru dan mengembangkan karakter serta akhlak siswa, segenap guru MTs Muhammadiyah Merden bersama-sama membuat perangkat pembelajaran berupa video dengan mengintegrasikan sikap sosial dan spiritual dalam mata pelajaran yang diajarkan. Proses pembuatan perangkat pembelajaran dibimbing oleh Dosen Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Lukmanul Akhsani, Iwan Junaedi dan Kusno,Senin (8/11)

Sebelum membuat video pembelajaran secara mandiri, segenap guru MTs Muhammadiyah Merden diberi contoh video yang didalamnya terdapat integrasi sikap sosial dan sikap spiritual dalam Mata Pelajaran IPA dan Matematika.

“Selain harus pandai mengintegrasikan pembelajaran seorang guru juga harus bisa adaptif dengan perkembangan zaman. Oleh karenanya, kami ajarkan juga bagaimana proses pengambilan gambar dan editing video pembelajaran yang menarik,” ungkap Lukmanul

Muningsih, selaku guru MTs Muhammadiyah Merden mengatakan bahwa kegiatan ini selain bermanfaat untuk siswa juga dapat menambah kemampuan guru. “Dengan adanya kegiatan pembuatan perangkat pembelajaran untuk siswa. menurut saya hal ini dapat menambah pengetahuan saya tentang metode pembelajaran dan juga keahlian saya dalam bidang editing,” ujarnya.

Muningsih berharap dengan dibuatnya video pembelajaran ini dapat mengurangi rasa bosan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran, “Saya berharap dengan dibuatnya video pembelajaran oleh para guru, kedepannya siswa tidak mudah merasa bosan di dalam kelas karena metode pembelajaran yang digunakan itu itu saja. Dan dengan adanya video pembelajaran, semoga siswa juga bisa lebih mudah dalam penyerap materi pelajaran di madrasah,” imbuhnya. (rks/ak/rf)