Tingkatkan Kompetensi Pedagogis dan Profesional Guru, Guru MA se- Kabupaten Demak Ikuti PKB

Demak – Sejumlah Guru Madrasah Aliyah Mata (MA) Pelajaran Bahasa Indonesia se-Kabupaten Demak Ikuti kegiatan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), Jumat (29/10/2021).

Tak kurang dari 86 orang guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Jumat yang lalu mengikuti kegiatan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan yang diselenggarakan oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Indonesia MA Kabupaten Demak. Kegiatan bertempat di MA Miftahus Salam Wonosalam Demak.

Sebagaimana yang disampaikan Muthohar, selaku ketua MGMP Demak Jawa Tengah 0031,  dalam acara pembukaan menyampaikan,  bahwa tujuan diselenggarakannya kegiatan itu adalah untuk meningkatkan kompetensi pedagogis dan kompetensi profesional guru. Serta untuk meningkatkan hasil Asesmen Kompetensi Guru (AKG), memfasilitasi sumber belajar bagi guru dalam penyelenggaraan PKB dan untuk meningkatkan hasil pembelajaran peserta didik, imbuhnya.

Pada kesempatan itu Kepala Kemenag Demak, Ahmad Muhtadi, hadir untuk membuka acara sekaligus menyampaikan materi pembinaan. Ada 2 materi yang ia sampaikan. Pertama, Kebijakan Kementerian Agama dalam Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru dan Tenaga Kependidikan. Dan yang kedua materi tentang Toleransi dalam Keberagaman.

Muhtadi menjelaskan bahwa Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) yang diselenggarakan hari itu merupakan sebuah proyek yang didanai oleh Bank Dunia yang akan dilaksanakan dalam kurun waktu lima tahun. Dimulai dari tahun 2020 dan berakhir pada tahun 2024. “Disediakan anggaran sebesar Rp 3,75 triliun oleh Bank Dunia,” ungkapnya. Anggaran sebesar itu, tambahnya, adalah untuk meningkatkan kualitas tata kelola penyelenggaraan pendidikan dasar dan menengah di Kementerian Agama.

“Oleh karena itu ikuti baik-baik kegiatan ini,” pintanya. Sementara itu, Siti Rohmiyati, selaku Fasilitator Daerah pada kesempatan lain menambahkan bahwa kegiatan itu akan dilaksanakan selama 4 minggu dengan moda in dan on. Yaitu mulai tanggal 29 Oktober sampai dengan 13 Desember 2021. Semua akan terbagi menjadi tiga kelompok sesuai dengan kelompok MGMP nya. Yaitu MGMP Demak Jawa Tengah 0031, 0032 dan 0032.