Tingkatkan Mutu Khatib dan Imam Masjid

Ada revisi untuk melengkapi detil narasi beritanya …

================================================================================================================

Purbalingga – Sebanyak 50 orang peserta yang terdiri dari khatib dan imam masjid se-Kecamatan Pengadegan mengikuti kegiatan Pelatihan Peningkatan Mutu Khatib dan Imam Masjid Tingkat Kecamatan Pengadegan. Kegiatan yang diselenggarakan oleh FKPAI Kecamatan Pengadegan bekerja sama dengan KUA setempat ini berlangsung di Aula Kecamatan setempat, Rabu (30/05). Kegiatan yang berlangsung sejak pukul 08.30 WIB ini dipimpin ketua penyelenggara sekaligus narasumber, K. Rohedi dengan materi Persiapan Materi Khutbah. Sedangkan pemateri kedua, Ahmad Afandi membawakan materi seputar syarat dan rukun imam, khatib  serta rukun khutbah.

Ketua Penyelenggara, Rohedi dalam laporannya menjelaskan tujuan penyelenggaraan kegiatan tersebut.

(mohon diinformasikan tujuannya apa)

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas imam dan khatib,” ungkapnya.

Ia berharap, seorang imam atau khatib jaman sekarang seyogyanya tidak hanya mampu untuk memenuhi syarat – rukun khutbah saja. Akan tetapi lebih dari itu, harus memperkaya diri dengan wawasan dan skill/kompetensi pendukung lainnya agar sukses dan tepat dalam pemilihan materi serta penyampaiannya kepada jamaah sehingga berefek positif untuk umat.

Kepala KUA Kecamatan Pengadegan, Rois Annur menyampaikan apresiasinya atas penyelenggaraan kegiatan tersebut.

(mohon diinformasikan bagaimana apresiasinya)

“Terima kasih kepada para penyuluh Agama Islam yang tergabung dalam FKPAI Kecamatan Pengadegan yang sudah mengadakan kegiatan ini, semoga efek manfaatnya menjalar untuk semua masyarakat di Kecamatan Pengadegan khususnya, dan Purbalingga umumnya,” ungkapnya berharap.

Ketua Kelompok Kerja Penyuluh (Pokjaluh) Kabupaten Purbalingga, Khikam Aziz dalam sambutannya selain mengapresiasi kegiatan tersebut juga berpesan agar para khatib dan imam masjid melakukan sharing dan menciptakan suasana yang kondusif.

“Atas nama Pokjaluh Kankemenag Kabupaten Purbalingga saya sangat mengapresiasi penyelenggaraan kegiatan ini. Memang perlu adanya sharing antar para imam dan khatib sehingga bisa menambah wawasan dan pengalaman untuk saling melengkapi,” ungkapnya. “Pemilihan materi sangat penting untuk diperhatikan. Misalnya, jangan sampai materi mengandung ujaran kebencian, pelecehan atau penghinaan kepada orang atau pihak lain. Akan tetapi sebaliknya harus menciptakan suasana yang kondusif,” tambahnya.

Camat Pengadegan, Joko Priambodo dalam kesempatan tersebut menyampaikan penghargaan kepada FKPAI Kecamatan Pengadegan. Ia juga berpesan agar para khatib bisa membantu menyukseskan pesta demokrasi yang akan berlangsung di Jawa Tengah dengan menyisipkan materi Memilih Pemimpin (Pilgub) dalam khutbahnya. (sar/ )