Unsur Kemenag Dominasi Penghargaan Peserta Pawai Ta’aruf

Karanganyar – Unsur dari Kementerian Agama mendominasi penghargaan sebagai peserta terbaik dalam kegiatan Pawai Ta’aruf menjelang Bulan Suci Ramadhan 1439H/2018M yang diselenggarakan oleh Pemkab Karanganyar. Penghargaan ini diumumkan pembawa acara sesaat sebelum pelaksanaan Peringatan Nuzulul Qur’an Tahun 1439H/2018M di Pendopo Rumah Dinas Bupati Kabupaten Karanganyar, Kamis (31/05).

Adapun prestasi yang ditorehkan oleh unsur Kemenag dalam pawai ta’aruf tersebut diantaranya adalah RA Al Hidayah Karanganyar sebagai Juara Pertama untuk tingkat TK/RA/BA, MI 1 Karanganyar/Karangmojo sebagai Juara Ketiga tingkat SD/MI, MTsN 2 Karanganyar sebagai Juara Pertama tingkat SMP/MTs, MAN 1 Karanganyar sebagai Juara Kedua tingkat SMA/MA,  PCNU, PDM dan Kementerian Agama masing-masing sebagai Juara Pertama, Dua dan Tiga tingkat umum. Masing-masing juara akan mendapatkan sertifikat dan uang pembinaan dari Baznas Karanganyar.

Sementara itu, dalam laporannya kepada Bupati Karanganyar selaku Ketua Panitia Peringatan Nuzulul Qur’an, Kepala Kemenag H. Musta’in Ahmad mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan di bulan suci Ramadhan yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketaqwaan masyarakat Kabupaten Karanganyar.

“Tahun ini Pemkab Karanganyar bersama Forkompimda, OPD, Baznas, Ormas Islam dan masyarakat menyelenggarakan beragam kegiatan Karanganyar Bertaqwa dengan berbagai kegiatan keagamaan yang antara lain Pawai Ta’aruf, Tarawih Keliling, Pengajian Peringatan Nuzulul Qur’an, Pengoptimalan Pengumpulan ZIS oleh Baznas dan ASN serta masyarakat, Penyaluran Zakat, Infak dan Shodaqoh, Semaan Al Quran dan iktikaf di Masjid Agung, Rukyat dan Hisab di Bukit Sukuh, Takbir dan Lomba Rampak Beduk serta terakhir pelaksanaan Sholat Idul Fitri di alun-alun Karanganyar,” kata Musta’in.

Hadir dalam pengajian tersebut PJS Bupati Karanganyar Prijo Anggoro Budi Raharjo, Sekda Karanganyar, Anggota Forkompimda, Pimpinan DPRD Karanganyar, Ketua MUI, Pimpinan Ponpes, Kepala UPD dan Camat, Pimpinan BUMN, Pimpinan Baznas, serta Pimpinan Ormas Islam. Tidak kurang seribuan jamaah hadir mengikuti pengajian Nuzulul Qur’an yang berasal dari unsur Penyuluh Agama Islam se Kabupaten Karanganyar, OPD, Ormas Islam, serta masyarakat sekitar.

Sebelumnya Kepala Kemenag juga mengucapkan terimakasih atas kedatangan Ustadzah muda Mumpuni Handayayekti dari Cilacap. Menurutnya, walaupun masih berusia remaja, namun sudah sarat dengan prestasi, dimana tahun 2017 menjadi peserta terbaik dalam ajang pencarian bakat ustad/ustadzah yang diadakan salah satu stasiun televisi.

“Terimakasih atas kedatangan Ustadzah Mumpuni Handayayekti dari Cilacap. Masih berusia remaja, muda, berkenan jauh-jauh dari ujung barat Provinsi Jawa Tengah, Cilacap, datang ke ujung timur Jawa Tengah, Kabupaten Karanganyar,” terangnya.

Setelah kegiatan peringatan Nuzulul Qur’an, Kepala Kemenag Karanganyar menyampaikan pesan Bupati Karanganyar kepada segenap jajaran Kemenag yang telah menyukseskan kegiatan tersebut. dalam pesan singkatnya itu, Bupati Karanganyar mengatakan bahwa Kemenag Hebat.

Sementara itu, Ustadzah Mumpuni memberikan nasihat kepada seluruh jamaah pengajian agar memaksimalkan perannya masing-masing di dalam kehidupan. Menurutnya, dengan bekerja sebaik mungkin menjalani profesinya sekarang, Insya Allah akan membawa kebaikan bagi dirinya sendiri, keluarga dan juga masyarakat luas. (ida-hd/Wul).