Upacara Ngenteg Linggih Pura Tunggal Ika Kecamatan Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar

Karanganyar – Pura Tunggal Ika, Kecamatan Ngargoyoso pada hari Rabu, 15 September 2021 melaksanakan Upacara Ngenteg Linggih. Bapak Suwarno selaku ketua panitia pelaksana menyampaikan dalam sambutannya tentang rangkaian acara hari ini.

“Upacara Ngenteg Linggih ini terdiri dari beberapa serangkaian acara, yaitu upacara Melaspas atau penyucian bangunan berupa Padmasana, Meru, Penunggu Karang dan Talud depan yang baru selesai direnovasi. Kemudian, Upacara Ngenteg Linggih dari semua bangunan yang ada di Pura Tunggal Ika, serta bertepatan dengan Odalan Pura Tunggal Ika itu sendiri, yaitu pada hari Budha Cemeng (rabu wage) wuku Ukir,“ papar Suwarno.

Upacara Ngeteg Linggih Pura Tunggal Ika di puput oleh Ida Pandita Mpu Nabe Jaya Acaryananda dan matur pelinggih dilakukan oleh Bapak Nyoman Wipara.

Upacara ini dihadiri langsung oleh Pembimas Hindu Provinsi Jawa Tengah, Bapak Drs. I Dewa Made Artayasa, dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa dalam setiap beribadatan untuk selalu melakukan protokol kesehatan.

“Bersyukur, Upacara Ngenteg Linggih Pura Tunggal Ika berjalan lancar dari awal hingga selesai dan dilaksanakan dengan protokol kesehatan ketat, tadi sudah dilakukan pengukuran suhu dan pemakaian handsanitizer sebelum memasuki area Pura, para tamu undangan dan umat diwajibkan memakai masker. Semoga pandemic segera berlalu,” kata Dewa Made Artayasa.

Dalam penutupnya Drs. I Dewa Made Artayasa menyampaikan agar pikiran, perkataan, tindakan dan prilaku kita selalu disucikan, dituntun agar selalu berjalan sesuai ajaran agama. “Kita sungguh-sungguh menyatakan siap ngayah atas dasar tulus ikhlas se-ikhlas-ikhlasnya, tanpa ada kepentingan pribadi, kepentingan politik atau kepentingan kelompok,” pungkasnya.(ida/sua)