Upgrading ZI Kemenag Brebes Menuju WBK dan WBBM

Brebes – Kementerian PAN RB  memberikan penghargaan berupa  WBK dan WBBM bagi suatu kantor/lembaga/ instansi pemerintahan. Hal ini dipakai sebagai sarana evaluasi dalam pelayana yang diberikan oleh ASN disautu lembaga kepada Masyarakat. mengingat tugas dan fungsi ASN sebagai pelayanan, pelindung dan pengayom bagai masyarakat dalam bingkai NKRI.

Zona Integritas (ZI),  adalah predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya berkomitmen untuk mewujudkan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK)/Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik. Demikian disampaikan, H. Fajarin, selaku Kakankemenag Kab. Brebes dalam kegiatan Pembinaan dan  Penguatan Pembangunan ZI bagi ASN di Lingkungan Kemenag  Brebes pada Selasa, 16/11/2021 di Aula Kankemenag Brebes.

Pembinaan dan pengauatan pembangunan ZI tersebut merupakan salah satu upaya Kankemenag Kab. Brebes dalam melaksanakan percepatan Pembagunan ZI dan optimalisasi kegiatan layanan pada Kementerian Agama Brebes.

Dalam acara tersebut, H. Fajarin, memotivasi seluruh ASN  untuk berkomitmen mempersiapkan diri dan bekerjasama saling bersinergi dalam melaksanakan tugas dan fungsi dalam mewujudkan  visi dan misi Kementerian Agama RI.

“Menjadi ASN yang berkarakter serta berkhlakul Karimah dalam menjalankan tugas layanan terbaik adalah bagian dari pengabdian pada tugas pokok sebagai ASN. Diperlukan keikhlasan dan semangat dalam bekerja, yang diharapkan akan lahir kompetensi  dan inovasi-inovasi guna meningkatkan kualitas kinerja dan performance dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat,” jalas pria kelahiran Pemalang ini.

Ia menambahkan bahwa kerja sama adalah bagian dari strategi utama membangun kekuatan kolektif dalam mewujudkan WBK dan WBBM, sedangkan inovasi menjadi bagian dari agen perubahan dalam pembangunan ZI. “Kolektif kolegial dan bersinergi, dalam melaksanakan tanggung jawab membangun integritas dan  layanan prima pada masyarakat,” tegas H. Fajarin.

Di kesempatan yang berbeda Kasubbag TU, H. Mad Soleh, menyampaikan agar seluruh ASN memperketat penerapan protokol kesehatan sebagai ikhtiar lahir dan berdoa serta berderma sebagai ikhtiar batin akan pencegahan  penularan dan penyebaran Covid 19.

“Kita harus sportif dan kuatkan komitmen pembagunan ZI meski diterpa pandemi untuk selaraskan lima budaya kerja dalam pengabdian kita,” sebutnya.

Ia berpesan agar Spirit menuju WBK dan WBBM dengan Pembangunan ZI melalui pelaksanaan program dengan kelengkapan dokumen sebagai bukti formal kinerja tetap digelorakan agar komitmen bersama tercapai.

Usai pengarahan, Kasi Penma, Imam Ghozali selaku ketua TIM ZI Kemenag Brebes, memberikan semangat dan mengingatkan kembali akan arti pentinganya mewujudkan ZI di Kemenag Brebes dan untuk hal tersebut  percepatan pembangunan  ZI perlu di berikan dorongan baik materiil maupun spiritual.(Hid/Sua).