Vaksinasi Terus Dilakukan, 1300 Santri dan Warga Ponpes Fatimah Az Zahra Disuntik Vaksin Dosis Pertama

Blora – Kakankemenag Kab. Blora yang diwakili oleh Kasi PD Pontren H. Mustaqim, S.Pd.I hadiri pelaksanaan vaksinasi merdeka di Pondok Pesantren Fatimah Az Zahra berlokasi di Kelurahan Wulung, Randublatung, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Senin (13/9). Dimana kegiatan vaksinasi ini diinisiasi oleh Polres Blora. Tampak hadir pula dalam kegiatan ini, Bupati Arief Rohman bersama Kapolres Blora AKBP Wiragama Dimas Tama,Camat Randublatung, Kapolsek, Tenaga kesehatan dan Babinsa.

KH Ahmad Imam Syaifuddin Zuhri, M.Si selaku Pengasuh Pondok Pesantren mengatakan bahwa vaksinasi serentak pada Senin 13 September 2021 di Ponpes yang ia asuh bekerjasama dengan tenaga kesehatan dari puskesmas Kecamatan Randublatung untuk melayani vaksinasi dosis ke-2 dengan target peserta 1300.

“Alhamdulillah kami mendapat kepercayaan dari Polres Blora untuk melakukan kegiatan ini. Ada kuota 1300 vaksin untuk santri dan warga di sekitar ponpes. Kami mulai pelaksanaan vaksin dari tadi jam8 pagi dan target pada jam satu siang sudah selesai registrasi.” ucap Syaifuddin Zuhri

Ia menambahkan bahwa sebelum melaksanakan vaksinasi, santri telah memeinta izin kepada orang tua yang bersangkutan untuk diizinkan mengikuti vaksinasi. Santri yang berusia 12 tahun ke atas dapat melakukan vaksinasi tersebut.

“Santri sudah mendapatkan ijin dari orang tuanya untuk mengikuti vaksin ini, anak-anak ini juga bisa menyertakan orang tua mereka mengikuti vaksinasi. Itu salah satu kunci, bagaimana anak-anak ini bisa dapat support dari orang tua. Anak-anak kami berikan surat dan pemahaman agar dapat matur kepada orang tua, sekaligus mengajak bapak ibuknya untuk ikut vaksin.” jelas pengasuh pondok pesantren Fatimah az Zahra

Mengingat jumlah kuota yang banyak sehingga untuk mempercepat kegiatan vaksinasi merdeka agar cepat selesai, Polres Blora mengerahkan 18 personil mereka di bagian administrasi, penambahan tenaga kesehatan untuk cek kesehatan dan suntik vaksin, serta untuk menjaga ketertiban dan protokol kesehatan, ponpes mengerahkan panitia yang notabene dari santri ponpes Fatimah Az Zahra.

“Alhamdulillah, kita lihat kegiatan ini tertib. Panitia sudah buatkan nomor antrian, jadi bisa tertib tidak rebutan.” kata Syaifuddin Zuhri

Pada kesempatan ini, Risa salah satu santriwati ponpes Fatimah Az Zahra mengaku lega sudah mendapatkan vaksin dosis pertama. 

“Awalnya saya takut, gak mau. Terus dikuatin sama pondok. Akhirnya berani vaksin, Alhamdulillah setelah vaksin ternyata gak papa, tidak sakit.” ucapnya

Sebagai informasi, vaksinasi yang dilaksanakan di Ponpes Fatimah Az Zahra Wulung, Blora ini menggunakan vaksin Sinovac.

“Tetap jaga prokes ya!” sapa Bupati Blora Arief Rohman saat meninjau tempat pendaftaran vaksinasi.

Kemudian Bupati, Kapolres dan Kakankemenag Kab. Blora yang diwakili Kasi PD Pontren, melakukan peninjauan dari tempat pendaftaran, pengecekan kesehatan, tempat suntik vaksin, bagian administrasi serta ditutup dengan foto bersama dengan pengasuh Ponpes Fatimah Az Zahra, Randublatung, Blora. (nn/rf)