Berita

Halaman Berita

Ulin Nur Hafsun : Pengelola TPQ Memiliki 2 Mandat, Mandat Sosial dan Mandat Legalitas

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sragen - 13 Februari 2018

* Kasi PD Pontren Membuka dan Memberikan Pengarahan Rakor Penguatan Data TPQ

Sragen - Perencanaan yang baik memerlukan dukungan ketersediaan data yang baik. Peran data EMIS adalah sebagai data acuan dalam perencanaan program pendidikan Islam. Taman Pendidikan Al Quran (TPQ) sebagai salah satu lembaga pendidikan di bawah binaan Kementerian Agama tentu harus menyadari pentingnya update data.

Penegasan tersebut diungkapkan Kasi PD Pontren Kankemenag Sragen, Ahmad Ulin Nur Hafsun saat memberikan pengarahan pada Rapat Koordinasi Penguatan Data TPQ yang diikuti oleh perwakilan pengurus Badko TPQ Kecamatan Se Sragen di Aula 1 Kankemenag Sragen, Selasa (13/02)

“Pengelola TPQ itu sesungguhnya memiliki dua mandat, yaitu  mandat sosial dan mandat legal, untuk mandat sosial saya yakin semua TPQ telah memiliki karena masyarakat telah mempercayakan pendidikan Al Qur'an putra - putrinya di TPQ” jelas Ulin.

“Yang masih perlu ditingkatkan adalah mandat legal, karena masih banyak TPQ yang belum memiliki ijin operasional/nomor statistik dari Kementerian Agama RI,” imbuhnya.

Data pada Seksi PD Pontren Kankemenag Sragen menunjukkan bahwa saat ini ada 1.500 an TPQ, namun yang sudah memiliki ijin operasional baru sekitar 900 an lembaga. Hal tersebut yang menurut Ulin akan segera ditingkatkan, sehingga semakin banyak TPQ yang memiliki ijin operasional.

Selanjutnya Ahmad Ulin Nur Hafsun yang sebelumnya adalah Gara Syariah menyampaikan, dengan semakin banyaknya TPQ yang telah memiliki ijin operasional, menjadikan fungsi Kemenag sebagai regulator, fasilitator dan  motivator bagi TPQ akan berjalan secara optimal. (ira)


Dibaca sebanyak 138 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


Mengenang Ulama Kharismatik Pimpinan PP Al Istianah Plangitan Pati Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati - 17 Februari 2018

Festival Rebana di Perayaan Imlek, Wujud Pluralitas di Kab. Pati Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati - 16 Februari 2018

Kemenag Pati Bersama STAIN Kudus Gelar Sosialisasi SPAN-UM PTKIN 2018 Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati - 16 Februari 2018

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial