Farhani : Jamaah Haji Agar Saling Tolong Menolong dan Membangun Kerukunan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Karanganyar – Kami berpesan agar Jamaah Calon Haji dari Kabupaten Karanganyar menaati dan mematuhi rangkaian pelaksanaan ibadaha haji. Disamping itu, nanti di tanah suci jamaah saling tolong menolong dan membangun kerukunan agar pelaksanaan ibadah haji berjalan dengan baik dan lancar.

Demikian pesan dari Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah, H. Farhani dalam kegiatan Bimbingan Manasik Haji Tingkat Kabupaten Karanganyar Tahun 1439H/2018M di Gedung Wanita Karanganyar.

Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Kankemenag Kabupaten Karanganyar H. Musta’in Ahmad, Kasubbag TU/Kasi/Penyelenggara, Kepala KUA Kec. Karanganyar dan Petugas Haji baik TPHI, TPIHI, TPHD dan TKHI yang akan mendampingi jamaah calon haji pada kloter 40 dan kloter 41.

Lebih lanjut Kakanwil juga mengatakan bahwa Jamaah Haji Indonesia telah menjadi contoh bagi jamaah haji di seluruh dunia karena jamaah Indonesia paling patuh dan tertib di dunia. Sehingga banyak negara-negara di dunia yang melakukan studi banding ke Indonesia untuk mempelajari bagaimana pemerintah mengelola penyelenggaraan ibadah haji.

“Jama’ah Haji Indonesia paling patuh di dunia, paling tertib. Oleh karenanya NKRI mendapat penghargaan sebagai penyelenggara ibadah haji terbaik di dunia. Kami harap jamaah haji Indonesia saat ini menjaga dan meneruskan tradisi baik itu,” jelas Kakanwil.

Sebelumnya, Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Jateng yang menyampaikan materi tentang Kebijakan Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1439H/2018M mengatakan bahwa Embarkasi dan Debarkasi Solo mendapat penghargaan prestisius dari KPHI Award sebagai embarkasi terbaik se Indonesia. oleh sebab itu Kakanwil berharap para jamaah memperhatikan ketentuan jadwal keberangkatan ke embarkasi diperhatikan dengan baik.

“Ketentuan Jadwal keberangkatan jamaah haji agar diperhatikan dengan baik, karena nanti di embarkasi kalau belum jadwalnya masuk, jamaah belum diperbolehkan. Ini terkait dengan kedisiplinan dan ketertiban,” tambahnya.

JCH asal Kabupaten Karanganyar yang akan berangkat ke tanah suci pada penyelenggaraan ibadah haji tahun 1439H/2018M berada di kelompok terbang (Kloter) 40 dan Kloter 41. Kloter 40 berjumlah 223 orang dan kloter 41 berjumlah 335 orang. Kedua kloter tersebut akan masuk ke asrama Haji Donohudan pada Sabtu, 28 Juli 2018 pukul 10.00 WIB dan pukul 16.00 WIB. (ida-hd/Wul)