Imron: Jadilah ASN Pemberi Informasi Bagi Masyarakat

Dalam birokrasi pemerintah dikenal jabatan karier, yakni jabatan dalam lingkungan birokrasi yang hanya dapat diduduki oleh PNS. Demi penyegaran dan peningkatan Kinerja, memang diperlukan pergantian pegawai atau pejabat dalam suatu Instansi Pemerintah khususnya di Kantor Kementerian Agama Kab. Grobogan. Pada hari Selasa, tanggal 19 Januari 2021, diselenggarakan Pelantikan, Pengambilan Sumpah dan Serah Terima Jabatan Pengawas dan Penghulu dengan tugas tambahan Kepala KUA di Aula Kankemenag Kab. Grobogan. Hadir dalam kesempatan tersebut antara lain Kepala KUA Kecamatan, Kepala Madrasah Negeri serta pegawai Kankemenag Grobogan.

Kepala Kantor Kemenag Grobogan, Imron, dalam arahannya menyampaikan bahwa dalam melaksanakan tugas, yang berawal dari Kemenag Kabupaten Pati ke Kemenag Kabupaten Grobogan ini atas perintah Pak Kakanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah, Musta'in Ahmad. Langsung diberi tugas untuk melantikan dan mengambil sumpah jabatan Pengawas dan Penghulu dengan tugas tambahan Kepala KUA yang tertuang dalam Surat Keputusan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. Jawa Tengah Nomor:569 /Kw.11.1/2/KP.07.6/01/2021 tanggal 12 Januari 2021.

“Bahwa pelantikan jabatan tidak ada indikasi atau unsur tertentu, dan pelantikan tersebut didasarkan atas rapat badan pertimbangan jabatan. Dan mutasi jabatan merupakan hal yang wajar dan sangat wajar didalam pemenuhan kebutuhan dalam menjalankan roda pemerintahan pada bidang pelayanan terhadap masyarakat, sudah biasa terjadi di instansi manapun disebabkan adanya kebutuhan atau karena adanya pejabat yang pensiun, kekosongan pejabat dan rolling pejabat dengan tujuan agar tidak terjadi kejenuhan.Tujuan mutasi adalah agar kita bisa memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat,” kata Imron.

Kepala Kemenag juga menegaskan, bahwa kedepan saya akan memetakan jabatan ASN yang saya punya pengalaman di Kabupaten Pati. Saya akan membuat inovasi terkait Kemenag Jateng Majeng. Bila dilingkungan Kantor Kemenag Grobogan sudah upgrade agar selalu membuat inovasi dari pejabat Kantor, Kepala KUA maupun Madrasah untuk lebih maju.

“Yang terpenting tahun 2021 harus menunjukan kinerja lebih baik. Dan insyaallah saya akan Mengabdi memajukan Kemenag Grobogan lebih baik. Jadilah informasi take and give harus dilaksanakan, sehingga masyarakat bisa melihat keberadaan Kemenag. Tunjukan prestasi ASN karena sebagai leader harus menunjukan yang lebih baik. Sesuai yang disampaikan Kakanwil Kemenag Prov. Jateng untuk memperbaiki kinerja dan pelayanan masyarakat,” tegasnya.

Kepala Kemenag, juga berpesan agar pejabat yang baru saja dilantik dan diambil sumpahnya, didalam melaksanakan tugasnya harus professional dan selalu menerapkan lima nilai budaya kerja Kemenag yang meliputi integritas, profesionalitas, inovasi, tanggung jawab, dan keteladanan, yaitu dengan menunjukkan perilaku jujur dan amanah dengan sistem manejemen terbuka juga melakukan perubahan ke arah yang lebih baik serta senantiasa bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas yang diemban dengan berpedoman sesuai aturan yang berlaku.

Adapun pejabat yang dilantik adalah Hadi Purwanto sebelumnya Kasi PD. Pontren menjadi Kasi PD. Madrasah, Purwadi sebelumnya Penyelenggara Syariah menjadi Kasi Kasi PD. Pontren, Ali Muhtarom sebelumnya Pengelola Pendidikan Madrasah menjadi Penyelenggara Syariah, dan Imam Muhtadi sebelumnya Penghulu menjadi Kepala KUA Kecamatan Kedungjati.(bd/Sua)