Podcast MTsN 1 Kebumen: Menuju Madrasah Mendunia

Kebumen – Meski masa pandemi, tetapi peringatan HAB Ke-75 Kemenag RI dan HUT Ke-52 MTs Negeri 1 Kebumen tetap berlangsung semarak. Berbagai even digelar secara virtual. Salah satunya launching program ngobrol bareng yang dikemas seperti Podcast. Kedepan, MTs Negeri 1 Kebumen akan menjadikan podcast sebagai kegiatan rutin madrasah untuk berkomunikasi dengan orang tua dan peserta didik.

Pada podcast perdana Rabu 13 Januari 2021 menampilkan Kepala Madrasah, Muhamad Siswanto, M.Pd.I. dan Wakil Kepala Bidang Kurikulum, Suyitman, M.Pd.I. “Madrasah Mendunia” menjadi tema pembicaraan yang dipandu oleh Rusdiyanto, S.Pd.

Melalaui Potcast Muhamad Siswanto menjelaskan, Sejak tahun 2019, MTs Negeri 1 Kebumen telah menetapkan visi sebagai “Madrasah Mendunia.” Mungkin, bagi orang lain, cita-cita itu merupakan sesuatu yang mustahil, tetapi tidak bagi kami. Kami optimis karena potensi peserta didik, guru, dan orang tua yang mendukung rencana tersebut. Begitu juga dengan Komite Madrasah yang siap mendorong sepenuhnya program yang direncanakan madrasah.

“Saat ini, berbagai prestasi di ajang nasional telah diraih peserta didik MTs Negeri 1 Kebumen. Pada KSM 2020, Imam Azkiyan Ahmad Kelas 9A berhasil meraih juara II dalam bidang IPA. Sedangkan dalam Madrasah Young Reseachers Supercamp (MYRES) Tahun 2020, Aura Azka Dinastia, Kelas 7A berhasil mendapatkan Juara II dalam penelitian bidang Sosial Humaniora. Bahkan Abinaya Nailah Saraswati, Kelas 8 berhasil meraih Juara III dalam ajang Jakarta Open Judo International even dan Juara III dalam Karawang Festival Judo Internasional 2020,” ungkap Siswanto.

Lebih lanjut Siswanto menuturkan, selain prestasi peserta didik, guru MTs Negeri 1 Kebumen juga mampu berkompetisi pada ajang Nasional. Suyitman, M.Pd.I. berhasil menjadi Juara I dalam Lomba Artikel Pendidikan Keluarga yang diadakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2019. Sedangkan Eki Sefriyanto, S.Pd. terpilih sebagai peserta Teacher Supercamp Guru Madrasah Inovatif Anti-Korupsi Tahun 2017 dan M. Kholiluddin, M.Pd. terpilih sebagai penulis Gerakan Literasi Nasional (GLN) yang diselenggarakan oleh Badan Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2019.

“lebih penting dari itu semua adalah semangat dan kebersamaan keluarga besar MTs Negeri 1 Kebumen untuk menjadi madrasah mendunia,” pungkas Siswanto.(sy/fz/qq)