Tingkatkan Kualitas Madrasah melalui Bimtek EDM dan E-RKAM

Kudus­- Dalam rangka implementasi Proyek Realizing Education’s Promise – Madrasah Education Quality Reform (REP-MEQR), Kementrian Agama Kabupaten Kudus menyelenggarakan Bimbingan Teknis penerapan sistem Evaluasi Diri Madrasah (EDM) dan Rencana Kerja Anggaran Madrasah berbasis Elektronik (E-RKAM).

Pelaksaanaan Bimtek dimulai dari angkatan 1 yang berlangsung sejak 4-8 Januari 2021. Bertempat di MAN 2 Kudus sebanyak 26 madrasah yang terbagi kedalam 2 rombel (2 kelas) melaksanakan Bimtek dengan tetap mematuhi protocol kesehatan.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Kudus, Drs. H. Akhmad Mundakir, M.SI, membuka Bimtek penerapan EDM dan E-RKAM di MAN 2 Kudus. Dalam sambutannya beliau juga memberikan penjelasan Proyek REP-MEQR. Beliau mengingatkan segi tiga emas madrasah yang harus bersinergi agar madrasah maju yaitu Pengurus/yayasan, Kepala madrasah dan jajarannya, serta Komite madrasah. Mereka harus berperan sesuai porsi dan perannya masing-masing.

“Hal yang terpenting dari Bimtek ini adalah tindak lanjut pelaksanaan hasil setelah bimtek,” kata Mundakir.

Sementara Kasi Penmad Kemenag Kudus, H.M. Kafit, S.Ag.M.Pd memberikan materi topik Isu Strategis Peningkatan Mutu Madrasah. Beliau menyampaikan terkait berbagai regulasi yang ada dengan menyandingkan fakta-fakta lapangan.

“Mulai dari regulasi pergantian kepala madrasah oleh system Simpatika, regulasi dana BOS terkait buku ajar dan LKS,” ungkapnya.

Sebanyak 88 madrasah dikabupaten kudus menjadi pilot project penerapan EDM dan E-RKAM. Madrasah sasaran tersebut nantinya akan dibagi menjadi 7 rombel selama pelatihan.Sebelum melaksanakan secara riil, madrasah tersebut mendapat Bimbingan Teknis dari Tim Inti Kabupaten (TIK).Dalam pelaksanaan Bimtek, masing-masing madrasah sasaran mengirimkan Tim Inti Madrasah yaitu Kepala, Bendahara dan Staff Madrasah yang dipandu oleh Tim Inti Kabupaten (TIK).

Sebanyak 4 orang dari Tim Inti Kabupaten (TIK) akan mendampingi Bimbingan teknis tersebut. Adapun Tim Inti Kabupaten ( TIK) kabupaten Kudus yang menangani Bimtek EDM dan E-RKAM ini terdiri dari Dra. Hj. Siti Zumaroh, M.Pd, Suyono, S.Pd.I.M.Pd, Maulana Malikuddin, M.Si. Septianti, M.Pd

Bimtek dilaksanakan dengan mengenalkan Google Suite for Education dan Aplikasi EDM dan RKAM berbasis web kepada madrasah khususnya kepada Kepala, Bendahara dan Staff/Operator sehingga dapat mengimplementasikan Aplikasi ini.

Evaluasi Diri Madrasah (EDM) adalah suatu proses penilaian mutu penyelenggaraan pendidikan yang dilakukan oleh pemangku kepentingan ditingkat madrasah berdasarkan indikator-indikator kunci yang mengacu pada 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP). Dengan EDM, madrasah mampu mengetahui aspek-aspek yang perlu ditingkatkan, serta kekuatan dan kelemahan yang ada di madrasah dapat diidentifikasi.

Hasil EDM akan digunakan sebagai bahan untuk menetapkan jenis-jenis program/kegiatan prioritas dalam penyusunan rencana peningkatan dan pengembangan madrasah yang dituangkan dalam rencana kerja dan anggaran madrasah (RKAM).

Peserta diajarkan bagaimana membuat kelas virtual dan pengisian EDM serta RKAM berbasis elektronik. Diharapkan kegiatan ini akan memberikan banyak kemudahan bagi madrasah.Demikian artikel ini semoga berkah dan bermanfaat bagi kemajuan madrasah menuju Madrasah Hebat Bermartabat.(Suparno-Septi/wwk/rf).