ASN Kemenag Kebumen Berikan Bukti Bukan Sekedar Janji Siap Divaksin

Kebumen – Diberitakan sebelumnya melalui website Kanwil Kemenag Jateng, chanel You Tube, Facebook, dan Intagram Kemenag Kebumen(14/01) ASN Kemenag Kebumen menyatakan dengan sukarela siap divaksin apabila tiba gilirannya. “Kami ASN Kementerian Agama Kabupaten Kebumen Siap Divaksin,” demikian sepenggal kalimat yang diucapkan dengan kompak oleh ASN Kemenag Kebumen kala itu di Meotel Kebumen.

Bukan hanya janji siap divaksin, tapi bukti nyata yang diberikan ASN Kemenag Kebumen setelah Kamis (25/02) sekira sembilan puluhan ASN Kemenag menjalani Vaksinasi Covid-19 di Aula Setda Kebumen. Tampak hadir ikut divaksin, Kasi Pendidikan Agama Islam H. Halim Darmawan, Kasi Penmad Suwaibatul Aslamiyah, Kasubbag TU H. Khamid, dan seluruh Kasi lainnya. Sebelumnya Kepala Kankemenag juga telah divaksin bersama Bupati dan Forkompinda (27/01) dan (09/02).

Sehari sebelumnya Kepala Kankemenag H. Panut memerintahkan dan mengimbau kepada seluruh ASN di lingkungannya untuk mengikuti vaksinasi Covid-19 sebagaimana dimaksud melalui surat resmi yang ditandatanganinya. Dia berharap ASN Kemenag bisa menjadi contoh di masyarakat terkait vaksinasi ini. “Kalau kita ASN Kemenag saja sudah mau divaksin, dengan sendirinya akan meningkatkan kepercayaan dan kesadaran masyarakat mau divaksin, utamanya keamanan dan kehalalan vaksin ini,” tegasnya.

Dijelaskannya bahwa ASN Kemenag sering sekali dijadikan rujukan di tengah  masyarakat. Utamanya terkait masalah keagaman. Untuk itu dia mengimbau agar ASN di  lingkungannya bisa memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa vaksin ini halal dan aman. Kehalalannya telah mendapat sertifikat dari BPJPH (Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal) dan keamanannya telah dijamin oleh BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan.

“Edukasi yang baik itu dengan contoh langsung, bukan sekedar slogan/janji,” tegasnya.

Taukhid Alamsyah, salah satu ASN yang telah menjalani vaksinasi menuturkan bahwa tidak ada gejala apapun terhadap kondisinya, Dijelaskannya bahwa sebelum divaksin dirinya diwawancara terkait kondisi dan riwayat kesehatannya, bahkan dicek langsung suhu tubuh, dan tekanan darahnya untuk memastikan kondisinya siap divaksin. “Petugas menanyakan dengan detail kondisi kesehatan Saya sebelum divaksin, maka berikan keterangan dengan sejujurnya kepada petugas sebelum divaksin ! tidak usah takut!,” ujarnya.

Hal sama juga dikatakan oleh Kasi Pendidikan Agama Islam Halim Darmawan  setelah menjalani vaksinasi. Diungkapnya bahwa sampai saat ini aman dan tidak ada keluhan. Padahal usianya saat ini menginjak usia menjelang pensiun, bulan Agustus mendatang dia akan pensiun.

Mengapa belum semua ASN Kemenag divaksin ? Hal ini sebagaimana undangan Pemerintah Kabupaten Kebumen melalui Dinas Kesehatan setempat bahwa untuk tahap ini sementara baru diperuntukkan bagi mereka yang behubungan langsung dengan pelayanan publik, dan yang bekerja di kantor utama (bukan kantor perwakilan/cabang) semua akan divaksin pada waktunya. (fz/qq).