Hadapi Masa Pensiun, 34 PNS Kankemenag Purbalingga Ikuti Sosialisasi

Purbalingga – Sebagai salah satu upaya mempersiapkan diri menghadapi masa pensiun, sejumlah 34 PNS/ASN di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga mengikuti kegiatan Sosialisasi Layanan Ketaspenan dan Layanan Perbankan yang digelar di  Aula Uswatun Khasanah Purbalingga, Selasa (16/2/2021).

Kasubbag TU, Purwadi dalam sambutannya menyampaikan bahwa pensiun adalah suatu kewajiban bagi para pegawai ASN dengan usia yang telah ditentukan, yaitu aturan Batas Usia Pensiun (BUP) pegawai adalah 58 tahun, sedangkan guru adalah 60 tahun.

“Oleh karena itu, mari persiapkan diri kita untuk menghadapi masa-masa purna tugas. Apa-apa yang harus kita kerjakan setelah purna tugas,” ajaknya.

Purwadi menegaskan, walaupun nantinya para ASN/PNS sudah memasuki masa purna tugas mereka tetap dapat memberikan manfaat kepada orang lain.

“Mungkin nanti di antara bapak-bapak ada yang menjadi takmir masjid atau guru ngaji. Begitu juga ibu-ibu ada yang menjadi pengurus Aisyiyah, pengurus Muslimat, dan lain-lain. Pengabdian kepada masyarakat di luar kedinasan insyaallah akan terus berjalan sampai akhir hayat. Sehingga Bapak/Ibu tetap masih bermanfaat bagi orang lain,” tandasnya.

Bebas Biaya

Selain itu Purwadi juga menyampaikan bahwa pada waktu-waktu yang lalu pengurusan dokumen apapun harus dengan uang. Tetapi saat ini dengan adanya program kerja Pembangunan Zona Integritas (ZI) Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani, Kankemenag Kabupaten Purbalingga melayani masyarakat dengan biaya Rp 0,00 (Nol Rupiah) termasuk biaya nikah di Kantor Urusan Agama (KUA).

Purwadi pun berpesan agar para ASN bisa menjadi motivator bagi rekan-rekan kerjanya, sehingga terus melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya.

“Pelayanan yang dimaksud bukan hanya pelayanan yang melalui PTSP Kankemenag Purbalingga saja, tetapi juga pelayanan di madrasah-madrasah dan KUA-KUA,” jelasnya.

Kegiatan sosialisasi yang dilakukan bekerjasama dengan Bank Mandiri Taspen Cabang Purwokerto tersebut diikuti oleh 34 PNS yang memasuki Batas Usia Pensiun (BUP). (nida/sar/     )