Kementerian Agama Kabupaten Batang Gelar Sosialisasi Petunjuk Teknis Ujian Sekolah

Batang – Untuk mempersiapkan Penyelenggaraan Ujian Sekolah Pendidikan Agama Islam (PAI) tahun pelajaran 2020/2021, kantor Kementerian Agama Kabupaten Batang menggelar acara Sosialisasi Petunjuk Teknis Ujian Sekolah (US), yang dibuka secara langsung oleh Kepala Kantor dan dihadiri oleh Pengawas PAI, Pengurus MGMP PAI dan pengurus KKG PAI baik di tingkat SD/SMP/SMA/SMK pada hari Jum’at (19/2) yang lalu di Aula Kantor Kemenag Batang.

Dalam amanatnya, Kepala Kankemenag Batang, H. M Aqsho di hadapan sekitar 30 orang peserta  menyampaikan bahwa pelaksanaan Ujian Sekolah khususnya Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam telah ada Pedoman Pelaksanaannya, US PAI juga menyesuaikan regulasi terbaru terkait pembelajaran di masa pandemi. Sehingga diharapkan melalui sosialisasi ini bisa dipersiapkan pelaksanaan ujian sekolah yang baik dan dapat mengacu pada Pedoman US PAI agar pelaksanaannya dapat lebih terukur dan berkualitas.

“ Kami berharap pelaksanaan ujian Sekolah bisa berjalan lancar dan tertib dengan mengacu pada pedoman ujian yang ada dan agar anak didik bisa dipersiapkan mental dan spiritualnya dalam menghadapi Ujian Sekolah dengan mempertimbangkan situasi saat ini,” kata H.M. Aqsho.

Selain itu dia menyoroti bahwa PAI itu sangat diperlukan bagi perkembangan anak, dimana menurutnya anak harus dipahamkan pada nilai-nilai agama secara mendasar karena akan mencetak karakter anak kemasa lalu.

“Kita dihadapkan pada situasi yang sangat sulit bila perkembangan jaman ini tidak kita membekali anak-anak kita dengan pendidikan Agama secara kuat, karena sekarang era modernisasi dengan kebebasan informasi yang begitu masiv ini anak kita pasti akan di terpengaruh, maka pendidikan agama yang kuat menjadi alat peredam pengarung negatif informasi itu,“ lanjutnya.

Sementara itu, Kapala Seksi Pendidikan Agama Islam (PAIS),  Hj. Mahmudah dalam sambutanya mengungkapkan bahwa walaupun di masa pandemi Covid-19 banyak keterbatasan dalam proses belajar mengajar namun diharapkan agar semua tenaga pendidik khususnya Pendidikan agama Islam mampu membimbing dan memberikan ilmu dengan sepenuh hati bagi para siswa sehingga mereka siap dalam menghadapi Ujian Sekolah.

“Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan adanya koordinasi antara pengawas PAI, pengurus MGMP, Pengurus KKG dan guru untuk menjalankan juknis US sesuai  pedoman dari Ditjen Pendis  sehingga dapat tercapai hasil pembelajaran yang sudah disesuaikan dengan kondisi di masa sekarang,“ kata Hj. Mahmudah.(Zy/qq)