MAN 2 Kudus SabetJuara II Best Design Pada Grand Final MRC Tingkat Nasional

Kudus – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kudus berhasil menyabet juara 2 Best Design dalam Grand Final Madrasah Robotic Competition (MRC) 2020 tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Repubik Indonesia.

“MRC yaitu suatu kompetisi rutin di bidang robotic dari Kemenag RI, yg dilakukan setiap tahun, yang pada tahun 2020 diikuti oleh para siswa dari tingkat MI, MTs, dan MA, baik negeri maupun swasta se Indonesia. Dengan jumlah total peserta 1239 tim, 1 tim terdiri dari 2 siswa.” ucap Widayato

MRC ini diselenggarakan dengan 7 Kategori yaitu Maze Solving, IoT ( Internet of Things), Creative, Under Water, Line Folow, ASV, dan Sumo.

Tahap awal lomba dilakukan dengan cara online, dimana masing-masing kategori diambil 30 tim finalis. Kemudian lomba tahap kedua dilakukan dengan online juga, dimana diambil 9 tim terbaik dari setiap kategori untuk maju ke Grand Final, yg dilaksanakan secara offline di Kampus Universitas Ash Syafiiyah Bekasi Jabar. Sedangkan untuk tingkat MA, lomba dilakukan pada tanggal 8-10 Februari 2021 lalu.

Tim kami dari MAN 2 Kudus yang mengikuti lomba untuk kategori underwater berjuluk TROG M2K terdiri dari dua orang siswi Man 2 Kudus, yaitu Galuh Kurnia Ramadhani dan Alifiya Nashwa Rauny, kelas X IPA 3, dengan guru pembimbingnya adalah Bpk Widayato , Bpk. Heru Sugianto, dan mas Nurcholis. Alhamdulillah berhasil mendapat juara 2 Best Design.

“Robot underwater adalah suatu robot yg berada di dalam air, dikendalikan dgn sistem remote control, dimana robot ini biasa dijalankan untuk mengambil dan memindahkan suatu barang, dan biasa juga utk mengambil gambar-gambar suatu objek atau kondisi dalam air, sebagai informasi tentang keadaan yang ada di dalam air.”ucap Heru Sugianto selaku pembimbing 

Ucapan selamat dan syukur Alhamdulillah disampaikan oleh Bpk H. Shofi, selaku kepala MAN 2 Kudus. Beliau jg memberikan semangat dan pesan, untuk kedepan lebih ditingkatkan dan lebih banyak prestasi-prestasi ditingkat nasional maupun internasional. (St.Zul/wwk)