MTsN 2 Sukoharjo Raih Juara di Ajang Madrasah Robotic Competition 2020

Sukoharjo – Di awal tahun 2021, MTs Negeri 2 Sukoharjo mendapatkan kabar menggembirakan. Kabar tersebut berupa prestasi yang berhasil dipersembahkan oleh siswa-siswi yang mengikuti ajang Kompetisi Robotik Madrasah, yakni Madrasah Robotic Competition (MRC). Dari ajang tersebut, MTs Negeri 2 Sukoharjo menyabet dua piala, yakni Juara III Best Point Kategori Internet of Things (IoT) dan Juara III Best Point Kategori Creative.

MRC merupakan sebuah ajang kompetisi robotika dan otomasi tingkat madrasah se-Indonesia. Dalam ajang tersebut, siswa-siswi madrasah berlomba dalam menemukan ide, merakit atau merancang, mengoperasikan hingga menemukan teknologi baru di bidang robotika dan otomasi yang dirancang memiliki manfaat bagi kehidupan manusia.

Dua prestasi tersebut didapatkan oleh dua tim robotik MTs Negeri 2 Sukoharjo setelah bertanding dalam final MRC pada 2-4 Februari 2021 di Universitas Islam Asysyafiiyah Pondok Bekasi. Adapun dua tim yang mewakili MTs Negeri 2 Sukoharjo adalah Tim Firdaus yang terdiri dari Rizqy Kania Fitri dan Vika Nahran Azizah serta Tim Darul Muqamah yang terdiri dari Athailla Ihram Danendra dan Andreansyah Putra Surya. Dua rancangan yang dilombakan adalah Robot Pemberi Sedekah dengan RFID Card berbasis IoT dan Pot Komunikasi Tanaman Bersuara Google Asisten.

Pembina lomba robotik, Sahadi, mengungkapkan bahwa prestasi tersebut diraih setelah melakukan proses perlombaan yang panjang. Ajang MRC diawali dengan mengirimkan proposal dan makalah lomba. Setelah masuk ke dalam 30 besar, tim yang terpilih harus mengirimkan video dan melakukan presentasi secara online via Zoom. Dari tahap tersebut, diambil 9 tim yang dipilih untuk melakukan presentasi secara offline di tingkat final.

“Untuk perlombaannya melalui proses yang panjang. Meski begitu hasil yang didapat alhamdulillah sangat membanggakan, karena mendapat prestasi tingkat nasional dari peserta seluruh Indonesia. Untuk kedepannya bisa ditingkatkan lagi pengembangan alat yang sudah dibuat agar bisa diterapkan ke masyarakat dan bisa mempermudah masyarakat,” ujarnya.

Menjalani kompetisi dalam masa pandemi menjadi tantangan tersediri bagi tim robotika MTs Negeri 2 Sukoharjo. Dituturkan oleh Sahadi, tim robotika sempat mengalami kendala dalam presentasi secara online via Zoom. Ia merasa siswa kurang maksimal dalam memberikan penjelasan dan mendemostrasikan alat karena tidak melaksanakannya secara langsung di depan juri. Selain itu, pandemi juga membatasi durasi dan waktu latihan bagi siswa. Ia harus menyiasati waktu latihan dengan membuatnya secara bergilir. Meski begitu, perjuangan tim robotika MTs Negeri 2 Sukoharjo membuahkan hasil dengan meraih dua piala di ajang MRC 2020.

Sementara itu, Kepala MTs Negeri 2 Sukoharjo, Amiruddin, menyampaikan apresiasinya terhadap prestasi tim robotika. Ia menganggap prestasi tersebut dapat memicu siswa lain untuk turut berprestasi di bidang lain.

“Hasil ini diharapkan bisa memberikan motivasi bagi anak-anak lain agar ikut berprestasi di bidang-bidang yang lain,” tuturnya.

Lebih lanjut Amiruddin juga menyebutkan beberapa prestasi lain yang didapatkan oleh siswa-siswi MTs Negeri 2 Sukoharjo, antara lain juara I Matematika Level 4 dalam Kompetisi Matematika, Sains, dan Bahasa Inggris oleh Muhammad Rizky Al Fariel, dan Medali Perunggu Kompetisi Matematika Terbuka Ppo se-Jateng dan DIY yang dipersembahkan oleh Tristan Rega Prakoso. (run/djp/rf)