Pembimas Katolik Kanwil Lakukan Pembinaan di Kankemenag Kabupaten Banyumas

Purwokerto-Kankemenag Kab. Banyumas mendapat kesempatan kunjungan istimewa dari Pembimas Katolik Kanwil Kemenag Prov Jawa Tengah. Kegiatan  kunjungan diawali pertemuan diruang kerja Kepala yang didampingi Kasubag TU. Pembimas Katolik menyampaikan maksud kunjungannya dan memperkenalkan staf yang menyertainya sekaligus mohon ijin untuk menyelenggarakan pembinaan terhadap para ASN dan Non PNS Penyelenggara Katolik Selasa (16/2/21).

Dalam sambutannya Kakankemenag H. Akhsin Aedi mengucapkan selamat datang di Kankemenag Kab. Banyumas dan menyampaikan beberpa hal berkaitan  sumberdaya ASN  Katolik beserta dinamika kerjanya. Melengkapi Kasubag. TU H. Ibnu Asaddudin membicarakan tentang perlunya asesmen bagi para ASN baik yang berada di Kantor Kankemenag maupun para Guru Agama PNS yang diperbantukan di sekolah-sekolah.

Sementara F. Karyanto selaku Pembimas dalam pembinaannya secara khusus terlebih didahului menyapa para ASN Katolik sebelum menyampaikan materinya. Beberapa poin penting pembinaannya diantaranya pertama ASN Katolik di Kementerian Agama perlu mendukung dan mensosialisakan Gerakan 5M (memakai masker, mencuci  tangan dengan sabun dan air mengalir,  menjaga jarak, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas) yang dicanangkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia dengan berbagai cara. Kedua, ASN Katolik di Kementerian Agama perlunya menyusun laporan pertanggungjawaban penggunaan anggaran negara secara benar sesuai ketentuan yang berlaku. Ketiga, perlunya memetakkan dan mempersiapkan regenerasi jabatan di Bimas Katolik, yang mana seluruh PNS perlu mengikuti asessmen.

“Penerapan 5M ini dapat disosialisasikan dengan berhubungan langsung melalui Gereja Paroki, organisasi pemuda, organisasi keagamaan dan tempat ibadah,” tuturnya.

Disamping menyampaikan pembinaan Pembimas Katolik juga menyerahkan sarana kerja bagi para ASN berupa buku agenda dan kalender tahun 2021. Pembinaan diakhiri dengan doa bersama yang dipimpin olen Ibu Dominggas Lawa Eva (mdr/rf).