Tingkatkan Eksistensi Dan Prestasi SD 1 AL ISLAM Ddideklarasikan Sekolah Ramah Anak

Surakarta – Dalam upaya mewujudkan pemenuhan hak dan perlindungan anak selama berada di sekolah SD 1 Al Islam Surakarta melaksanakan Deklarasi menuju Sekolah Ramah Anak yang dihadiri oleh  Dinas Pendidikan Kota Surakarta,Pengawas PAI Kemenag Kota Surakarta, Pengawas Gugus IV Korwil I Dinas Pendidikan,pengurus yayasan Al Islam, Komite, perwakilan siswa, guru serta karyawan SD 1 Al Islam Surakarta di aula SD 1 Al Islam, Rabu(17/2).

 

Kepala Sekolah SD 1 Al Islam Jasmanto menyampaikan beberapa tujuan Deklarasi Sekolah Ramah Anak (SRA) adalah untuk:

  1. Mencegah Kekerasan dan warga sekolah lainnya.
  2. Mencegah anak mendapat kesakitan karena keracunan makanan dan lingkungan yang tidak sehat.
  3. Mencegah anak menjadi perokok dan pengguna Napza.
  4. Menciptakan lingkungan sekolah yang harmonis dengan pembiasaan – pembiasaan positif.

 

” Semoga  terwujudnya SRA anak-anak dapat belajar dengan tenang, nyaman, sehat dan pada akhirnya dapat mengasah potensi hingga mencapai prestasi gemilang serta membawa SD 1 Al Islam lebih eksis di Kota Surakarta dan sekitarnya,” harap Jasmanto.

 

Hadir mewakili Kemenag Kota Surakarta Pengawas PAI Sumiyati menyampaikan harapan terlaksananya deklarasi SRA di SD 1 Al Islam.

“Kemenag Surakarta menyampaikan apresiasi dan berharap dengan dideklarasikan SRA  SD 1 Al Islam Surakarta  lebih mudah dalam melaksanakan pengembangan – pengembangan Pendidikan Agama Islam untuk dapat menjadi  spirit anak-anak hidup mandiri dan berprestasi,” himbau Sumiyati.

 

Priyono Kepala Seksi Kurikulum SD Dinas Pendidikan Kota Surakarta menyampaikan beberapa hal penting terkait konsep SRA yaitu mengubah paradikma bahwa guru bukan sekedar mengajar tetapi mendidik, Sekolah harus bisa menjadi teladan tidak ada kekerasan fisik maupun mental dan stake holder sekolah harus bersinergi berpartisipasi mendukung proses SRA.

” Kota Surakarta merupakan Kota Layak Anak yang berkali-kali menyabet juara Nasional Kota Layak Anak,” tutur Priyono.

Priyono menambahkan bahwa komponen SRA meliputi deklarasi, Pendidik dan Tenaga Kependidikan dan Sarana prasarana di sekolah.

” Adapun kondisi yang diharapkan dari SRA adalah sekolah menjadi bersih,  asri, ramah, indah, sehat, aman dan nyaman,” imbuh Priyono.

 

Kegiatan deklarasi SD 1 Al Islam Surakarta menuju Sekolah Ramah Anak diakhiri dengan penandatanganan deklarasi oleh pihak- pihak terkait.

( miyati )